Wali Kota Palembang mengajak kader PKK gencarkan pola hidup sehat

id sumsel,palenbang,jambore pkk,pemkot palembang

Wali Kota Palembang mengajak kader PKK gencarkan pola hidup sehat

Wali Kota Palembang, Sumatra Selatan Harnojoyo saat pembukaan Jambore PKK Kota Palembang, Selasa (23/5/2023). ANTARA/HO-Diskominfo Palembang

Palembang (ANTARA) - Wali Kota Palembang, Sumatra Selatan Harnojoyo mengajak kader Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) untuk menggencarkan pola hidup sehat kepada masyarakat.

”Saya mengajak seluruh kader PKK untuk terus menggelorakan dan mengajak masyarakat pentingnya meningkatkan pola hidup sehat,” kata Harnojoyo saat pembukaan Jambore PKK Kota Palembang, Selasa (23/5).

Menurutnya, keberadaan PKK sangat penting dan strategis karena PKK yang merupakan lembaga kemasyarakatan menjadi mitra pemerintah mulai dari pemerintah tingkat kelurahan hingga tingkat kota dalam pembangunan Kota Palembang selama periode tahun 2018 hingga 2023.

Melalui 10 program pokok PKK yaitu penghayatan dan pengamalan Pancasila, gotong royong, pangan, sandang, perumahan dan tatalaksana rumah tangga, pendidikan dan kehidupan berkoperasi, pelestarian lingkungan hidup dan perencanaan sehat.

“Saya juga mengucapkan terimakasih kepada Ketua dan Anggota PKK Kota Palembang yang telah bekerja dengan sepenuh hati selama ini, semoga tujuan kita sebagai motor penggerak program pemberdayaan masyarakat dalam rangka mewujudkan keluarga sehat dan sejahtera dapat terwujud," jelasnya.

Pemerintah Kota Palembang melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Pemberdayaan Masyarakat serta tim penggerak PKK kota Palembang, katanya, terus menekan angka penyakit Inspeksi Visual Asam Asetat ( IVA) yang dilaksanakan di 18 kecamatan.

“Dengan diselenggarakannya kegiatan tersebut selama satu bulan, masyarakat di wilayah sekitar sangat terbantu dengan hadirnya rumah IVA untuk mengecek kesehatan,” ujarnya.

Ia juga berharap usai jambore tersebut, dapat menyebarkan pengetahuan, keterampilan, dan pengalaman yang didapat dan teruslah menumbuhkan kesadaran keluarga dan masyarakat dalam peningkatan derajat kesehatan melalui gerakan masyarakat hidup sehat.

”Melalui Jambore Kader PKK, diharapkan dapat meningkat semangat Implementasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat di Kota Palembang, menjadi momentum bagi kita semua yang hadir di sini agar mempercepat dan memperkuat masyarakat yang sehat, mandiri, aktif dan produktif, sehingga menjadi pondasi mewujudkan Palembang Emas Darusalam 2023 yang sudah di depan mata,” kata Harnojoyo.