Polrestabes Palembang siagakan 1.200 personel untuk kawal Hari Buruh

id Polrestabes Palembang, siagakan personel gabungan, amankan hari buruh, may day, hari buruh internasional

Polrestabes Palembang siagakan 1.200 personel untuk kawal Hari Buruh

Polrestabes Palembang apel pasukan siaga pengamanan hari buruh. (ANTARA/Yudi Abdullah/23)

Palembang (ANTARA) - Kepolisian Resor Kota Besar (Polrestabes) Palembang, Sumatera Selatan menyiagakan 1.200 personel gabungan untuk mengawal kegiatan Hari Buruh  pada 1 Mei 2023 di daerah itu.

Personel gabungan akan mengawal buruh yang melakukan pengerahan massa pada hari buruh mulai dari lokasi berkumpul di Benteng Kuto Besak (BKB) hingga menuju Kantor DPRD Sumsel, kata Kapolrestabes Palembang Kombes Pol.Haryo Sugihartono, usai memimpin apel gelar pasukan Hari Buruh di Palembang, Sabtu.

Menurut dia, pihaknya bersama personel instansi terkait dan bantuan dari Brimob Polda Sumsel berupaya menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas).

Kamtibmas yang terpelihara dengan baik selama ini jangan sampai terganggu adanya pihak-pihak yang memanfaatkan aksi massa pada hari buruh.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, pihaknya berkoordinasi dengan koordinator organisasi buruh yang akan menurunkan massa dalam aksi unjuk rasa Senin lusa. 

"Tim kami sudah berkoordinasi dan berkomunikasi sebaik-baiknya dengan teman-teman dari kelompok aliansi buruh dan mereka berjanji akan melakukan aksi secara damai dan mewaspadai penyusup," ujarnya.

Lebih lanjut Kapolrestabes  Harryo mengatakan, dia sudah melaporkan kepada Kapolda Sumsel Irjen Pol. A Rachmad Wibowo terkait persiapan pengamanan peringatan Hari Buruh di Palembang.

"Kami berharap dengan persiapan dan koordinasi yang dilakukan untuk menghadapi aksi massa hari buruh 1 Mei, diharapkan tidak terjadi hal-hal yang dapat menimbulkan gangguan kamtibmas," ujar Kapolrestabes Palembang.