Pemudik wajib tahu syarat naik KA jarak jauh

id syarat naik ka, perjalanan ka jarak jauh,pemudik,ptka daop III Palembang, ptka

Pemudik wajib tahu syarat naik KA jarak jauh

Penumpang KA di wilayah kerja PTKA Daop III Palembang, Sumatera Selatan, termasuk para pemudik wajib tahu syarat untuk naik kereta api jarak jauh terkait dengan pemberlakuan protokol kesehatan. (ANTARA/HO/PTKA Daop III)

Palembang, Sumsel (ANTARA) - Manajer Humas PTKAI Divre III Palembang, Aida Suryanti menyebutkan  para pemudik wajib tahu syarat untuk menaiki KA jarak jauh, agar tidak terkendala saat keberangkatan atau akan melakukan perjalanan mudik.

KAI Divre III menetapkan masa angkutan lebaran H-10 dan H+11 atau 12 April - 3 Mei 2023.

Syarat Naik KA Jarak Jauh
1. Usia 18 tahun ke atas:
a) Wajib vaksin ketiga (booster)
b) WNA yang berasal dari perjalanan luar negeri, wajib vaksin kedua
b) Tidak/belum divaksin dengan alasan medis wajib menunjukkan surat keterangan dokter dari rumah sakit pemerintah

2. Usia 6-12 tahun:
a) Wajib vaksin kedua
b) Berasal dari perjalanan luar negeri, tidak wajib vaksin
c) Tidak/belum divaksin harus memiliki surat keterangan belum mendapatkan vaksinasi dari Puskesmas/fasilitas pelayanan Kesehatan dengan alasan tertentu, atau harus didampingi oleh orang tua/orang dewasa yang telah mendapatkan vaksinasi lengkap (Vaksin 1, vaksin 2, dan booster 1) selama melakukan perjalanan. Dalam hal orang tua/orang dewasa pendamping belum mendapatkan vaksinasi lengkap karena alasan kesehatan harus dibuktikan dengan surat keterangan dari dokter penanggung jawab pelayanan sesuai dengan ketentuan protokol Kesehatan bagi pelaku perjalanan

3. Usia 13-17 tahun:
a) Wajib vaksin kedua
b) Berasal dari perjalanan luar negeri, tidak wajib vaksin
c) Tidak/belum divaksin dengan alasan medis wajib menunjukkan surat keterangan dokter dari rumah sakit pemerintah

4. Pelanggan dengan usia di bawah 6 tahun tidak wajib vaksin dan tidak wajib menunjukkan hasil negatif Rapid Tes Antigen atau RT-PCR namun wajib dengan pendamping yang memenuhi persyaratan perjalanan

Untuk informasi lebih lanjut terkait syarat naik kereta api, masyarakat dapat menghubungi Customer Service di stasiun atau Contact Center KAI melalui telepon di 121, WhatsApp 08111-2111-121, email cs@kai.id, atau media sosial KAI121.

“Kami berharap agar masyarakat yang akan melakukan mudik, dapat merencanakan perjalanan dengan baik serta memastikan semua syarat perjalanan dapat dipatuhi bersama agar mudik sehat dan aman dapat terlaksana," kata Aida.