Pemkab OKU Timur dukung Bulog bangun pabrik penggilingan padi modern

id Pabrik penggilingan padi modern, MRMP, petani padi, Perum Bulog, Pemkab OKU Timur

Pemkab OKU Timur dukung Bulog bangun pabrik penggilingan padi modern

Bupati OKU Timur, Lanosin Hamzah menerima audeni Perum Bulog terkait rencana pembangunan MRMP di Martapura, Kamis (12/1/2023). (ANTARA/Edo Purmana/23)

Martapura (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Timur, Sumatera Selatan mendukung pembangunan Modern Rice Milling Plant (MRMP) atau pabrik penggilingan gabah modern oleh Perum Bulog wilayah setempat tahun ini.

"Saya sangat antusias dan mendukung penuh rencana Perum Bulog untuk membangun MRMP di Martapura tahun ini," kata Bupati OKU Timur, Lanosin Hamzah di Martapura, Kamis.

Dengan dibangunnya MRMP di Kota Martapura, Kabupaten OKU Timur ini tentunya akan membawa dampak positif bagi para petani dan pertumbuhan ekonomi masyarakat di daerah itu.

Menurut Bupati, sebagai salah satu daerah lumbung pangan nasional, pembangunan MRMP di Martapura sangat diharapkan untuk memutus rantai pasok gabah petani pada tengkulak.

Sebab, kata dia, dengan menerapkan sistem ini Bulog dapat menyerap beras dari petani di daerah itu dengan harga yang lebih tinggi dari pasaran.

Namun, Bupati mengingatkan agar pembangunan MRMP nantinya tidak berdampak buruk pada ekosistem lingkungan sehingga tidak mengganggu masyarakat sekitar.

Selain itu, Bupati pun meminta Perum Bulog agar bisa bersinergi dan berkolaborasi dengan Pemerintah Kabupaten OKU Timur melalui OPD terkait dalam upaya meningkatkan produksi padi di wilayah itu.

"Harapan saya, produksi dari petani semuanya bisa dikelola di OKU Timur. Karena selama ini hanya sekitar 80 ribu ton saja yang dapat dikelola, selebihnya tengkulak yang mengelolanya," tegasnya.

Sementara itu, Pimpinan Perum Bulog Kantor Cabang Kabupaten OKU, Julkhaidar Romadhon menjelaskan bahwa MRMP merupakan fasilitas pengolahan gabah hasil panen berbasis teknologi modern yang terdiri dari dryer sebagai pengering gabah hasil panen dan RMU sebagai mesin konversi gabah menjadi beras.

Pembangunan infrastruktur MRMP bertujuan untuk membantu petani dan menyederhanakan alur proses pengolahan beras yang terpusat dalam fasilitas pengolahan gabah hasil panen berbasis teknologi modern yang terdiri dari mesin pengering, unit penggilingan padi sebagai mesin konversi gabah menjadi beras dengan dilengkapi teknologi penyortir warna.

"MRMP berfungsi untuk menurunkan susut pascapanen, meningkatkan kuantitas serapan gabah, dan meningkatkan hasil panen gabah yang berdampak terhadap hasil akhir produk beras premium," jelasnya.