Respon anjloknya KCJB hingga syarat naik kereta jelang Nataru kemarin

id KCJB,Kereta Api,UMKM,Joko Widodo,mahasiswa IPB

Respon anjloknya KCJB hingga syarat naik kereta jelang Nataru kemarin

Foto udara proses evakuasi bangkai kereta teknis yang mengalami kecelakaan di Campaka Mekar, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Senin (19/12/2022). Kadiv Humas Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo menyatakan, kecelakaan kereta teknis pada proyek Kereta Cepat Jakarta Bandung yang terjadi pada Minggu (18/12/2022) sore tersebut mengakibatkan dua orang pekerja yang berkewarganegaan China meninggal dunia dan lima orang luka-luka. ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/aww

Jakarta (ANTARA) - Terdapat sejumlah berita penting dan menarik bidang ekonomi pada Senin (19/12) yang masih layak disimak pada Selasa pagi ini, mulai dari respons insiden anjloknya Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) hingga syarat naik Kereta Api menjelang Natal dan Tahun Baru.

Berikut rangkuman berita selengkapnya yang masih menarik untuk dibaca :

1. Kemenhub respons insiden anjloknya Kereta Cepat Jakarta Bandung

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyampaikan duka cita atas insiden anjloknya kereta teknis pada proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) yang menimpa sejumlah pekerja yang tengah bertugas dan menjadi korban.

"Insiden ini terjadi di daerah Cempaka Mekar, Kecamatan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, pada Minggu (18/12). Lokasi insiden merupakan lokasi Track Laying KCJB pada ruas jalur DK 102+309," kata Juru Bicara Kementerian Perhubungan Adita Irawati dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Senin.

Baca berita lengkapnya di sini

2. Presiden Jokowi minta bank lebih peduli kepada UMKM

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) meminta industri perbankan lebih mempedulikan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

"Saya tahu kalau BRI (PT BRI Persero Tbk) pasti sudah di atas (porsi kredit untuk UMKM), sudah tinggi sekali. Bank-bank yang lain juga mesti didorong agar memiliki kepedulian untuk mengurus yang mikro, yang kecil, dan yang menengah," kata Presiden Jokowi saat Penyerahan Kredit Usaha Rakyat (KUR) Klaster di Istana Negara, Jakarta, Senin.

 

Baca berita lengkapnya di sini

3. Mendag: pemerintah tanggung biaya distribusi telur untuk tekan harga

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan mengatakan pemerintah akan membantu biaya distribusi telur yang dikirim dari Pulau Jawa untuk menekan kenaikan harga komoditas tersebut.

"Kami dengan Mendagri dan lain-lain rapat dengan Pemda kalau (harga) sudah lebih dari 5 persen maka dibantu biaya transportasi agar harganya tidak lebih dari Rp31 ribu sampai Rp32 ribu," kata Mendag Zulkifli Hasan saat ditemui di Istana Kepresidenan Jakarta, Senin.

Baca berita lengkapnya di sini

4. OJK: 121 Mahasiswa IPB korban penipuan dapat restrukturisasi pinjaman

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyampaikan sebanyak 121 Mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB) korban penipuan berkedok kerja sama penjualan online telah berhasil mendapat keringanan atau restrukturisasi pinjaman dari empat platform penyedia pinjaman dana yang digunakan saat kejadian.

"Total pinjaman sebanyak 197 pinjaman senilai Rp650,19 juta, dengan tagihan tertinggi Rp16,09 juta. Angka ini dihimpun Posko Pengaduan Satgas Waspada Investasi (SWI) di IPB sampai 23 November 2022," kata Kepala Eksekutif Pengawas Industri Keuangan Non Bank OJK Ogi Prastomiyono dalam konferensi pers daring di Jakarta, Senin.

Baca berita lengkapnya di sini

5. KAI rilis syarat naik kereta api mulai 19 Desember 2022

PT Kereta Api Indonesia (Persero) menyampaikan bahwa pelanggan kereta api dengan usia 6 tahun hingga 12 tahun yang belum vaksin dapat naik kereta api, mulai 19 Desember 2022.

"Syaratnya adalah memiliki surat keterangan belum mendapatkan vaksinasi dari Puskesmas/fasilitas pelayanan kesehatan dengan alasan tertentu atau harus didampingi oleh orang dewasa yang telah mendapatkan vaksinasi booster," kata VP Public Relations KAI Joni Martinus dalam keterangannya di Jakarta, Senin.

Baca berita lengkapnya di sini