Ketua PSSI: Semua negara peserta Piala AFF U-16 ikuti aturan Indonesia

id timnas u16,pssi,piala aff u16,mochamad iriawan

Ketua PSSI: Semua negara peserta Piala AFF U-16 ikuti aturan Indonesia

Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan (tengah) memberikan keterangan kepada pewarta usai timnas U-19 menang 5-1 atas Myanmar pada laga pamungkas Grup A Piala AFF U-19 2022 di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Minggu (10/7/2022). Meski menang besar, Indonesia gagal ke semifinal lantaran kalah "head to head" dengan Vietnam dan Thailand. (ANTARA/Michael Siahaan)

Jakarta (ANTARA) - Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan meminta semua negara peserta Piala AFF U-16 2022 mengikuti aturan yang ditetapkan di Indonesia.

Hal itu disampaikan Iriawan setelah media daring Vietnam, thethao247.vn, menyebut  syarat vaksin penguat (booster) dalam Piala AFF U-16 2022 mempersulit timnas U-16 mereka.

Baca juga: PSSI dapat bantuan Rp749 juta dan ratusan ribu bola dari FIFA

"Setiap negara mempunyai aturan sendiri. Jangan banyak mengeluh," kata Iriaan di Jakarta, Selasa.

Baca juga: PSSI resmi kirim nota protes kepada AFF soal laga Thailand v Vietnam

Timnas Indonesia, Iriawan melanjutkan, hampir tidak pernah mengeluhkan regulasi negara lain ketika harus berkompetisi negara lain itu.

Sebelumnya, pada Senin (18/7), laman thethao247.vn mengeluarkan artikel yang diterjemahkan dalam bahasa Indonesia berarti "Federasi Sepak Bola Indonesia Mempersulit Timnas U-16 Vietnam".

Mereka menilai PSSI mendadak mengumumkan setiap tim peserta mesti mendapatkan tiga dosis vaksin termasuk penguat.

Situasi demikian membuat Federasi Sepak Bola Vietnam (VFF) buru-buru mencari vaksin ketiga untuk pemain dan ofisial yang akan berpartisipasi dalam Piala AFF U-16 2022.

Piala AFF U-16 2022 akan digelar di Yogyakarta mulai 31 Juli 2022.

Dalam turnamen tersebut, Vietnam berada dalam Grup A bersama Indonesia, Singapura dan Filipina. Semua laga Indonesia berlangsung di Stadion Maguwoharjo, Sleman.

Pertandingan pertama Garuda Asia adalah pada 31 Juli menghadapi Filipina, lalu 3 Agustus melawan Singapura dan, terakhir menjajal Vietnam pada 6 Agustus.

Ada 12 negara yang mengikuti kompetisi itu yang dibagi dalam tiga grup. Tiga juara grup akan langsung lolos ke semifinal bersama satu peringkat kedua terbaik pada fase grup.