Pemanjat tebing Indonesia Kiromal Katibin untuk kali kelima pertajam rekor dunia

id panjat tebing,rekor dunia panjat tebing,pecahkan rekor dunia panjang tebing,Kiromal Katibin

Pemanjat tebing Indonesia Kiromal Katibin untuk kali kelima pertajam rekor dunia

Atlet panjat tebing Indonesia Kiromal Katibin beraksi dalam Piala Dunia Panjat Tebing 2022 di Seoul, Jumat (6/5/2022). (ANTARA/HO-IFSC/Dimitris Tosidis/aa)

Saya sangat senang sekali. Ini terjadi karena saya berlatih dengan keras. Terima kasih atas semua doa dari masyarakat
Jakarta (ANTARA) - Atlet panjat tebing Indonesia Kiromal Katibin untuk kali kelima mempertajam rekor dunia miliknya sendiri dalam Piala Dunia Federasi Olahraga Panjat Tebing Internasional (IFSC) 2022 di Chamonix, Prancis, Jumat waktu setempat.

Tampil pada babak kualifikasi nomor speed putra, Katibin membukukan catatan waktu 5,009 detik. Torehan waktu tersebut makin mempertegas dirinya sebagai manusia tercepat dalam menaklukkan dinding setinggi 15 meter.

"Saya sangat senang sekali. Ini terjadi karena saya berlatih dengan keras. Terima kasih atas semua doa dari masyarakat, semoga dengan ini panjat tebing Indonesia makin jaya," kata Katibin dalam keterangan tertulis, Sabtu.

Baca juga: Indonesia sapu bersih podium Piala Dunia Panjat Tebing di Seoul
Sejak mencatatkan namanya dalam rekor dunia di Salt Lake City, Amerika Serikat (AS) pada 28 Mei 2021 dengan 5,25 detik, Katibin terus membuat sejarah dengan lima kali mempertajam catatan waktu.

Sebelum di Prancis, dia lebih dulu memperbaiki waktu pada Piala Dunia yang bergulir di Seoul, Korea Selatan dengan 5,17 detik pada 6 Mei 2022.

Kemudian dia kembali mempertajam di Salt Lake City, pada 27 Mei 2022 dengan 5,10 detik.

Lalu dia dua kali mempertajam rekor di Villars, Swiss pada tanggal yang sama 30 Juni 2022 dengan masing-masing 5,09 detik dan 5,04 detik, sebelum akhirnya terpecahkan di Prancis dengan 5,009 detik.

Dengan hasil pada babak kualifikasi di Prancis, Katibin pun memastikan satu tempat di babak final yang terdiri atas 16 atlet.

Baca juga: Atlet Indonesia raih emas di Piala Dunia Panjat Tebing 2021
Ketua Umum Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Yenny Wahid yang menyaksikan langsung aksi Katibin mengapresiasi dan mengaku bangga.

"Bersyukur, atlet andalan kita kembali menorehkan prestasi gemilang dengan memecahkan rekor dunia tercepat, rekor dunia atas namanya sendiri, dengan catatan waktu 5,00 detik. Kami delegasi Indonesia merasa sangat bangga dengan raihan ini, semoga prestasi ini dapat dipertahankan hingga Olimpiade nanti," ujar Yenny

Indonesia mengirim 20 atlet masing-masing 10 atlet putra dan putri dalam ajang yang berlangsung di Prancis.

Rinciannya, kategori speed putra enam orang, lead putra empat orang dan masing-masing lima atlet untuk speed dan lead putri dalam ajang yang berlangsung pada 8-10 Juli 2022 dan diikuti atlet dari 32 negara.
Baca juga: Prestasi atlet panjat tebing Indonesia raih rekor dunia berkat dukungan Menpora