Polisi amankan Honda Brio terparkir di jalan Sudirman Palembang, di dalamya ada senjata api laras panjang

id honda brio, senjata api, parkir di jalan, palembang

Polisi amankan Honda Brio terparkir di jalan Sudirman Palembang,  di dalamya ada senjata api laras panjang

Satu mobil pribadi yang diduga menyimpan senjata api laras panjang di Jalan Jenderal Sudirman, Kecamatan Ilir Timur I, Palembang, Sumatera Selatan, Jumat (24/6/2022) ANTARA/HO

Sumatera Selatan (ANTARA) - Aparat Kepolisian Resor Kota (Polrestabes) Palembang, Sumatera Selatan, mengamankan mobil hatchback Honda Brio yang di dalamnya terdapat senjata api laras panjang, di Jalan Jendral Sudirman, Kecamatan Ilir Timur I.

Kepala Satuan Reserse Kriminal Polrestabes Palembang Kompol Tri Wahyudi di Palembang, Jumat, mengatakan mobil dengan nomor polisi B-1205-DE tersebut ditemukan terparkir di tengah jalan dalam keadaan terkunci tanpa sopir.

Yang mendapati mobil tersebut adalah seorang polisi Satlantas Polrestabes yang tengah melintas untuk melakukan pengaturan jalan raya di sana, Jumat pukul 06.00 WIB.

Selanjutnya, kata dia, saksi dibantu warga di lokasi mendorong mobil tersebut ke tepi jalan supaya tidak mengganggu arus lalu lintas.

“Setelah mobil dipinggirkan, saksi-saksi melihat dari kaca luar mobil tersebut ada senjata api laras panjang di lantai mobil, tepatnya di belakang tempat duduk sopir,” kata dia.


Baca juga: Polisi: Tak ada bahan peledak di dalam mobil tanpa sopir
Aparat unit Identifikasi dan Paminal Polrestabes Palembang langsung menindaklanjuti temuan tersebut.

“Senjata tersebut belum diketahui secara pasti jenis dan tipenya. Untuk saat ini anggota kami masih menyelidiki untuk mengungkap pemilik yang meninggalkan kendaraan tersebut," kata dia.

Saat ini mobil tersebut diamankan kepolisian ke Markas Polrestabes Palembang untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Tidak curiga
Sementara, juru parkir di lokasi kejadian, Andi, 46 tahun, mengaku awalnya tidak curiga dengan keberadaan mobil tersebut karena sudah sering terjadi ada mobil di sepanjang tepian Jalan Jenderal Sudirman.

Hingga beberapa saat, kata dia, datang dua anggota polisi lalu lintas yang menanyakan posisi mobil tersebut salah, sebab posisi parkirnya menjorok ke badan jalan dan dikhawatirkan mengganggu arus lalu lintas.

"Saya jawab, saya tidak tahu sopirnya ke mana. Jadi saya sama polisi, dibantu tukang tambal ban, berusaha memindahkan posisi mobil dengan cara mendorong bersama-sama ke tepian. Di situ melihat diduga senjata dan benda mencurigakan lain di dalam mobil," kata dia, saat ditemui di lokasi.

Selanjutnya petugas mengangkut Honda Brio tersebut menggunakan mobil derek Dinas Perhubungan setempat.

Penemuan mobil diduga membawa senjata api dan benda mencurigakan tersebut terekam dalam video amatir yang beredar di media sosial Instagram berdurasi selama 41 detik. Dalam video itu tampak personel Gegana Brimob Polda Sumsel datang menggunakan kendaraan pengaman lengkap ke lokasi.