KPU: Jumlah kursi di DPRD OKU bertambah pada Pemilu 2024

id Kursi DPRD OKU, Pemilu 2024, penduduk OKU, daerah pemilihan, KPU OKU

KPU: Jumlah kursi di DPRD OKU bertambah pada Pemilu 2024

Ilustrasi jadwal Pemilu dan Pilkada 2024. ANTARA/ilustrator/Kliwon

Baturaja (ANTARA) - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Ogan Komering Ulu Naning Wijaya menyebutkan jumlah kursi di DPRD setempat pada Pemilu 2024 bisa bertambah dari 35 menjadi 40 kursi.

"Kemungkinan jumlah kursi di DPRD OKU bertambah menjadi 40 kursi," kata Ketua KPU Ogan Komering Ulu (OKU) Naning Wijaya di Baturaja, Sumatera Selatan, Jumat.

Baca juga: Warga Lengkiti OKU Sumsel kesulitan akses internet

Naning Wijaya menjelaskan bahwa penambahan kursi anggota dewan tersebut bisa bertambah jika jumlah penduduk Kabupaten OKU di atas 400.000 jiwa.

"Saat ini penduduk OKU masih di atas 300.000 jiwa. Untuk mencapai jumlah 40 kursi, harus memenuhi syarat jumlah penduduk tersebut," katanya menegaskan.

Baca juga: DPRD OKU lakukan pengawasan komprehensif di tiga instansi

Terkait dengan daerah pemilihan (dapil) pada pemilu mendatang, pihaknya menawarkan tiga opsi perubahan dengan alasan efisiensi dan pemerataan jumlah kursi pada masing-masing dapil.

Opsi pertama jumlah dapil hanya terdiri atas tiga dapil, kemudian empat dapil namun ada perubahan komposisi kecamatan dan opsi ketiga tetap pada skema lama terdiri atas empat dapil.

Ia mengatakan bahwa opsi pertama akan ada perubahan komposisi kecamatan pada masing-masing dapil, kecuali Dapil 1 Kecamatan Baturaja Timur.

Perubahan tersebut meliput Dapil 1 Kecamatan Baturaja Timur 11 kursi; Dapil 2 Baturaja Barat, Sosoh Buat Rayap, Lengkiti, Semidang Aji, Pengandonan Muara Jaya dan Ulu Ogan sebanyak 12 kursi.

Dapil 3 terdiri atas Kecamatan Lubuk Raja, Sinar Peninjauan, KPR, Peninjauan, dan Lubuk Batang sebanyak 12 kursi.

"Sebelum skema dapil ini kami sahkan, tentunya akan melalui uji publik," ujarnya.