DPRD OKU lakukan pengawasan komprehensif di tiga instansi

id Pengawasan komprehensif, DPRD OKU, tiga instansi, tingkatkan pelayanan, Komisi III

DPRD OKU lakukan pengawasan komprehensif di tiga instansi

Gedung DPRD Kabupaten OKU. (ANTARA/Edo Purmana/22)

Baturaja (ANTARA) - Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan mendatangi tiga instansi pemerintahan daerah setempat dalam rangka pengawasan komprehensif guna memastikan program kerja berjalan secara maksimal.

"Tiga instansi yang kami datangi meliputi Dinas Koperasi, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, dan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Raja," kata Wakil Ketua Komisi III DPRD Ogan Komering Ulu (OKU) Adip Kailani didampingi anggota MS Tito di Baturaja, Kamis.

Kedatangan pihaknya ke Dinas Koperasi untuk mempertanyakan hasil dari sensus Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dalam mendata jumlah pelaku usaha di daerah itu.

Kemudian, kedatangan ke Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten OKU guna menanyakan program dalam mengembangkan industri pariwisata dan ekonomi kreatif.

“Pascalibur lebaran, kami mencoba menggali informasi apakah selama libur, masyarakat OKU lebih memilih liburan keluar atau di dalam daerah. Jika banyak masyarakat yang liburan keluar daerah tentunya ini menjadi pekerjaan rumah (PR) bagi kami untuk membenahi objek wisata yang ada di OKU,” katanya.

Menurut dia, dari hasil pengawasan secara komprehensif tersebut, Dinas Pariwisata Kabupaten OKU berencana akan fokus pada pengembangan pariwisata di kawasan Ulu Ogan.

Sebab kawasan tersebut terdapat sejumlah titik yang memiliki potensi besar untuk dikembangkan khususnya objek wisata air.

Sedangkan untuk PDAM Tirta Raja pihaknya menyampaikan adanya beberapa keluhan dari masyarakat terkait pelayanan perusahaan milik daerah tersebut.

"Melihat kondisi saat ini, adanya tunggakan pelanggan menjadi permasalahan tersendiri bagi PDAM. Namun kami secara tegas mengatakan bahwa adanya tunggakan karena pelayanan yang belum maksimal," katanya.