KAI Divre III Palembang tertibkan aset perusahaan di Muara Enim dan Prabumulih

id KAI Divre III,Aset negara,penertiban aset,KAI

KAI Divre III Palembang tertibkan aset perusahaan di Muara Enim dan Prabumulih

Alat eskavator merobohkan bangunan liar yang dibangun di kawasan Stasiun Prabumulih, Palembang, Sumsel, Rabu (15/6/2022). ANTARA/HO-KAI

Palembang (ANTARA) - PT Kereta Api Indonesia Divisi Regional III Palembang menertibkan aset perusahaan di Kabupaten Muara Enim dan Kota Prabumulih, Sumatera Selatan, dengan merobohkan puluhan rumah dan kios yang berada di atas lahan negara.

Kepala Bagian Hubungan Masyarakat PT PT KAI Divre III Palembang Aida Suryanti di Palembang, Kamis, mengatakan, upaya ini merupakan wujud keseriusan KAI untuk menjaga dan mengoptimalisasi aset negara.

Kegiatan ini dilakukan pada Rabu (15/6) dengan merobohkan 20 unit rumah dan 54 kios di wilayah Prabumulih, kemudian 6 unit rumah di wilayah Muara Lawai, Muara Enim, dan 10 unit rumah dan 16 kios di Gelumbang, Muara Enim.

Baca juga: PT KAI apresiasi Polres OKU ungkap kasus pencurian besi rel kereta api
Kegiatan penertiban ini dilakukan sesuai dengan SOP dan aturan hukum yang berlaku, yang mana dalam pelaksanaan kegiatan ini KAI didampingi petugas dari TNI, Polri dan unsur masyarakat.

Sebelumnya, KAI telah melakukan upaya persuasif kepada pemakai lahan melalui sosialisasi secara langsung hingga menyampaikan pemberitahuan melalui surat yang ditembuskan ke instansi hukum setempat.

Upaya-upaya ini dilakukan agar kegiatan penertiban ini dapat berlangsung dengan kondusif.

“KAI sangat menghormati hukum yang berlaku dan menegaskan bahwa setiap tahapan sosialisasi sudah dilakukan sebelum dilakukan penertiban ini,” kata dia.

KAI sebagai BUMN turut berperan dalam mengamankan aset negara dari pihak lain yang tidak memiliki hak atas aset negara tersebut.

Baca juga: Pemprov Sumsel-KAI sepakat selesaikan persoalan aset

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: KAI Divre III Palembang tertibkan aset perusahaan