Gubernur Deru minta perguruan tinggi di Sumsel riset percepatan pembangunan

id gubernur sumsel,perguruan tinggi,riset,pertanian,petani,penelitian

Gubernur Deru minta perguruan tinggi di Sumsel riset percepatan pembangunan

Gubernur Sumsel Herman Deru menerima jajaran pengurus Universitas Tridinanti Palembang di Palembang, Senin (13/6/22). ANTARA/HO-Pemprov Sumsel

Palembang (ANTARA) - Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru meminta kalangan perguruan tinggi di daerahnya untuk melakukan riset-riset terkait program percepatan pembangunan.

“Bukan hanya riset, kami juga mengharapkan perguruan tinggi melahirkan program studi yang berkenaan dengan kebutuhan pembangunan,” kata Herman Deru saat menerima Rektor Universitas Tridinanti Palembang Manisah di Palembang, Senin.

Ia mengatakan untuk itu perlu dibangun sinergi dengan pemerintah provinsi sehingga akan dilahirkan SDM unggul yang memenuhi kebutuhan masyarakat.

“Seperti sektor pertanian, saat ini kami memiliki program Gerakan Sumsel Mandiri Pangan. Ada baiknya dipertajam di sektor ini,” kata dia.

Terkait sektor pertanian ini, Pemprov Sumsel sangat serius dalam menggarapnya dengan telah merekrut 1.400 orang penyuluh lapangan.

“Para penyuluh lapangan ini yang membina petani menjadi bankable, hingga berjiwa wirausaha. Tentunya kami pun ingin perguruan tinggi terlihat, seperti membuat riset terkait ini,” kata dia.

Banyak hal menurut Herman Deru yang dapat diteliti, termasuk mengapa saat ini warga pedesaan enggan bertani atau lebih suka menjadi buruh di kota.

Sementara itu, Rektor UTP Manisah mengatakan sejauh ini pihaknya telah terlibat dalam beberapa program pemerintah seperti program inovasi produk unggulan daerah, Kampung Proiklim, Program Merdeka Belajar serta Program Kampung Literasi secara internal di lingkungan kampus.

"Kami UTP siap mendukung program pemda terutama yang terkait dengan pemberdayaan pertanian, dan tentunya ini akan diperluas lagi agar lahir inovasi baru yang dapat dimanfaatkan pemerintah,” kata dia.