Harga tiket pesawat tujuan Palembang-Jakarta masih mahal di atas Rp900.000

id Penerbangan, bandara, tiket pesawat mahal, bandara smb palembang, pesawat terbang, maskapai penerbangan, penerbangan pal,tiket mahal,bandara smb,tiket

Harga tiket pesawat tujuan Palembang-Jakarta masih mahal di atas Rp900.000

Suasana penumpang di terminal keberangkatan Bandara SMB II Palembang. (ANTARA/Yudi Abdullah/22)

Hari ini harga tiket pesawat seperti tujuan Palembang-Jakarta masih cukup tinggi di atas Rp900.000 per orang
Palembang (ANTARA) - Harga tiket pesawat tujuan Palembang-Jakarta masih tergolong mahal meskipun sudah berakhir libur cuti bersama Lebaran Idul Fitri 1443 Hijriah/2022, karena permintaan pelayanan jasa angkutan udara itu di Bandara SMB II Palembang, Senin, masih tinggi.

"Hari ini harga tiket pesawat seperti tujuan Palembang-Jakarta masih cukup tinggi di atas Rp900.000 per orang," kata Wawan petugas penjualan tiket Travel Zamzam, di Palembang, Senin.

Berdasarkan data penjualan, harga tiket tujuan Palembang-Jakarta mulai bergerak turun pada Kamis (12/5) Rp871.000/orang.

Harga tiket pesawat diprediksi masih tinggi hingga pertengahan Mei 2022, dan setelah itu diharapkan bergerak turun hingga ke kondisi normal di bawah Rp500.000/orang, katanya.

Ia menjelaskan, pada kondisi ramai arus balik Lebaran sekarang ini, ada beberapa pesawat yang beroperasi di Bandar Udara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II Palembang seperti Garuda Indonesia, Lion Air, Batik Air, Susi Air, Wings Air, NAM Air, dan Citilink.

Untuk memanfaatkan jasa angkutan udara tersebut masyarakat dapat memilih penerbangan sesuai dengan kebutuhan mulai pukul 05.25 WIB hingga 22.00 WIB, ujar petugas travel.

Sementara sebelumnya Eksekutif GM Bandara SMB II Palembang Tommy Ariesdianto menjelaskan bahwa penumpang pesawat meningkat sejak memasuki bulan puasa Ramadan 1443 Hijriah rata-rata 2.000 orang per hari, dan selama arus mudik meningkatkan 3.000-5.000 penumpang per hari.

"Berdasarkan data penumpang pesawat selama April 2022 rata-rata setiap harinya mencapai 5.000 orang atau meningkat dari bulan sebelumnya yang hanya sekitar 3.000 orang per hari, sedangkan pada arus mudik dan balik meningkat menjadi 7.000-8.000 lebih penumpang per hari, " ujar Tommy.

Untuk menghadapi lonjakan pengguna jasa angkutan udara pada arus mudik lebaran, pihaknya melakukan koordinasi dengan sejumlah maskapai penerbangan untuk melakukan penambahan pesawat yang kini sudah mencapai 50 penerbangan lebih per harinya dengan tujuan Palembang ke Jakarta, Batam, Surabaya, Bandung, dan Pangkalpinang.

Baca juga: Penumpang keluhkan harga tiket bus masih tinggi
Baca juga: Tiket KA dari Stasiun Baturaja untuk arus balik nyaris habis terjual
Baca juga: Kemenhub terus awasi harga tiket pesawat agar sesuai ketentuan