Moeldoko tinjau Tol Trans Sumatera pastikan layanan arus mudik berjalan prima

id Hutama Karya,tol,jalan tol,tol trans sumatera,jtts,moeldoko

Moeldoko tinjau Tol Trans Sumatera pastikan layanan arus mudik berjalan prima

Kepala Staff Presiden Moeldoko (kedua kanan) didampingi Sekretaris Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Yongki Triono Junoasmono (kanan) berbincang dengan pedagang saat meninjau rest area KM 234 Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) ruas Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung di Kabupaten Mesuji, Lampung, Rabu (27/4/2022). (ANTARA FOTO/Nova Wahyudi)

Palembang (ANTARA) - Kepala Staf Presiden Moeldoko meninjau Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) dari Palembang hingga Lampung untuk memastikan layanan arus mudik Lebaran 2020 berjalan dengan prima, Rabu.

Dalam kunjungan pada H-5 tersebut Moeldoko memastikan pelayanan mudik di JTTS berjalan lancar dan tanpa hambatan terkait ketersediaan Bahan Bakar Minyak (BBM), fasilitas toilet dan lainnya.

“Kami berharap di pintu tol jangan sampai kekurangan tenaga, sisanya saya pantau untuk seluruh kesiapannya sudah dipersiapkan dengan matang,” kata Moeldoko.

Moeldoko pada kesempatan itu turut didampingi Gubernur Provinsi Lampung Arinal Djunaidi, Kapolda Provinsi Lampung Hendro Sugiatno, Sekretaris Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Triono Junoasmono, Direktur Jalan Bebas Hambatan Kementerian PUPR Budi Harimawan dan direksi BUMN lainnya.
 
Ia berserta rombongan sempat meninjau Rest Area KM 190 dan KM 234 di Ruas Terbanggi Besar – Pematang Panggang – Kayu Agung.

Moeldoko menyarankan Rest Area dapat diisi dengan gerai yang menjual produk UMKM sehingga dapat menstimulus perekonomian masyarakat setempat.

 “Alhamdulillah di sini sudah terealisasi lebih dari 30 persen UMKM,” ujar Moeldoko.

Moeldoko memprediksi puncak arus mudik terjadi pada 29-30 April 2022 karena pada periode tersebut sudah ada libur cuti bersama sesuai arahan Pemerintah.

“Dalam situasi ini kami harus responsif sehingga seluruh situasi harus dihadapi dengan cepat. Seperti kata Presiden, masyarakat sudah euphoria sehingga harus disiapkan dengan detail kemungkinan yang muncul di lapangan dan solusinya,” kata dia.
 
Sementara itu, Direktur Operasi III Hutama Karya, Koentjoro mengatakan perusahaan telah menyiapkan seluruh layanan untuk melayanan pemudik pada Lebaran 2022.

“Seluruh pelayanan telah siap, berbagai strategi dalam mengantisipasi lonjakan trafik juga telah kami susun,” kata dia.

Namun, masukan yang diberikan ini akan jadi arahan dan pedoman bagi perusahaan untuk prima dalam melayani masyarakat.

Hingga saat ini Volume Lalu Lintas (VLL) kendaraan yang melintas di JTTS terus meningkat, yang mana pada (27/4) pukul 09.00 WIB tercatat sebanyak 3.918 kendaraan melintas dari arah Pulau Jawa menuju Pulau Sumatera melalui Gerbang Tol (GT) Bakauheni Selatan sebagai pintu awal masuk tol.
 
Hutama karya mengimbau pengguna jalan agar mematuhi ketentuan dan tata tertib yang berlaku di jalan tol, di antaranya penggunaan kartu Uang Elektronik untuk pembayaran masuk ke jalan tol.

Apabila pengguna jalan lupa untuk mengisi saldo UE, dapat menggunakan aplikasi HK Toll Apps yang dimiliki oleh Hutama Karya.

Selain itu kami terus menghimbau kepada pengguna jalan tol untuk berkendara dengan kecepatan minimum dan maksimum sesuai yang dipersyaratkan, dan tidak menggunakan bahu jalan kecuali dalam keadaan darurat.

“Segera beristirahat apabila merasa mengantuk di rest area terdekat serta untuk selalu mematuhi protokol kesehatan yang berlaku dimanapun berada,” kata dia.

Apabila pengguna jalan tol mengalami atau melihat tindak kejahatan yang ada di jalan tol maupun rest area agar segera melapor ke Call Centre masing-masing Cabang Tol.