Kepala Rutan Palembang: Foto Alex Noerdin untuk dokumen internal

id kemenkumham,alex noerdin

Kepala Rutan Palembang: Foto Alex Noerdin untuk dokumen internal

Kepala Rumah Tahanan Palembang Bistok Oloan Situngkir. (ANTARA/HO-Kemenkumham Sumsel)

Palembang (ANTARA) - Kepala Rumah Tahanan Palembang Bistok Oloan Situngkir mengatakan foto Alex Noerdin saat berada di Rumah Tahanan (Rutan) untuk dokumen internal atau tidak untuk disebarkan ke masyarakat.

Bistok memberikan penjelasan tersebut di Palembang, Senin, untuk menanggapi terkait beredarnya foto mantan Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin tanpa mengenakan pakaian atasan saat berada di dalam Rutan.

Pernyataan ini juga untuk menanggapi adanya pemberitaan yang berisikan keberatan dari pengacara Alex Noerdin mengenai foto kliennya tersebut.

Ia menjelaskan, foto tersebut diambil pada 15 Februari 2022 sekitar Pukul 14.03 WIB saat Tim Kanwil Kemenkumham Sumsel sedang melaksanakan kunjungan kerja ke Rutan.

Saat tim melintas di depan Blok G kamar 13, tim bertemu secara spontan dengan Alex Noerdin yang sedang tidak mengenakan baju atasan karena cuaca sedang panas, namun Alex Noerdin merespon dengan langsung berpakaian.

Alex Noerdin sempat berbincang beberapa menit dengan tim tentang keadaan dan kesehatannnya selama di Rutan.

Bistok menjelaskan, foto tersebut diambil oleh pihak pengamanan Rutan untuk dokumentasi internal.

Pihaknya juga sedang melakukan pemeriksaan terkait beredarnya foto tersebut ke pihak luar Rutan.

“Kami selalu terapkan HAM dalam membina Warga Binaan Permasyarakatan (WBP) maupun melayani tahanan. Terhadap tahanan kami selalu mengedepankan asas praduga tak bersalah dan asas persamaan di hadapan hukum," kata Bistok.

Sementara itu Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil kemenkumham Sumsel Bambang Haryanto menegaskan bahwa pihaknya Senin ini telah menurunkan tim pemeriksa guna menindaklanjuti hal tersebut.