Dinkes Palembang ajak masyarakat sukseskan vaksin pelajar

id Vaksin anak, sukseskan vaksinasi anak, ptm,berita sumsel, berita palembang

Dinkes Palembang ajak masyarakat sukseskan  vaksin pelajar

Arsip - Petugas medis bersiap memberikan suntikan vaksinasi kepada warga berusia 12-17 tahun. (ANTARA/HO-Sudin Kominfotik Jakarta Selatan)

Palembang (ANTARA) - Dinas Kesehatan Kota Palembang, Sumatera Selatan mengajak masyarakat menyukseskan kegiatan vaksinasi untuk anak usia 12-17 tahun atau usia pelajar.

"Masyarakat terutama para orang tua jangan khawatir melakukan vaksin anak usia 12 hingga 17 tahun, karena dinyatakan aman berdasarkan uji klinis dan sudah mendapatkan pengakuan dari BPOM dan WHO," kata Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kesehatan Palembang dr. Fauziah di Palembang, Selasa.

Dia menjelaskan untuk menghadapi pembelajaran tatap muka (PTM) dalam kondisi pandemi COVID-19, seluruh pelajar diwajibkan divaksin guna membentuk kekebalan kelompok.

"Dengan dukungan masyarakat, kegiatan vaksinasi COVID-19 untuk anak/pelajar pada Juli 2021 bisa berjalan dengan baik sesuai dengan target yang ditetapkan," kata Fauziah.

Wali Kota Palembang Harnojoyo menjelaskan pihaknya berupaya mempercepat vaksinasi COVID-19 untuk anak-anak, terutama pelajar SD hingga SMA, menghadapi mendukung PTM.

"Vaksinasi khusus anak atau pelajar itu sudah dimulai sejak 2 Juli 2021 dan diharapkan bisa selesai dalam beberapa bulan ke depan," ujarnya.

Pelayanan vaksinasi COVID-19 untuk pelajar di "Bumi Sriwijaya" ini dengan total target sasaran mencapai 192.667 orang.

Perincian pelayanan vaksinasi itu, yakni pelajar SD kelas VI ditargetkan 30.243 orang, pelajar SMP ditargetkan 84.629 orang, dan pelajar SMA ditargetkan 77.799 orang.

Dengan kondisi tren kasus COVID-19 akhir-akhir ini yang terus meningkat serta masih banyak pelajar yang belum divaksin, PTM yang rencananya dimulai tahun ajaran baru 12 Juli 2021 diputuskan dibatalkan.

"Dan akan dibahas kembali jika kondisi aman," ujar dia.