2.557 lansia di Ogan Komering Ulu sudah divaksinasi COVID-19

id Vaskin lansia, 2.557 lansia sudah divaksin, 18 puskemas pelayanan vaksin, tambahan 640 vial, Dinas Kesehatan OKU,Babinsa, Bhabinkamtibmas

2.557 lansia di Ogan Komering Ulu sudah divaksinasi COVID-19

Seorang lansia warga Kabupaten OKU Sumsel disuntik vaksin tahap kedua, Sabtu. (ANTARA/Edo Purmana/21)

Baturaja (ANTARA) - Sebanyak 2.557 warga lanjut usia (lansia) di Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan, sudah disuntik vaksin COVID-19 agar memiliki kekebalan terhadap virus corona.

"Hingga saat ini tercatat sudah 2.557 lansia di OKU sudah mendapat vaksin tahap kedua," kata Kepala Bidang Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Dinas Kesehatan Ogan Komering Ulu (OKU), Andi Prapto di Baturaja, Sabtu.

Menurut dia, vaksinasi bagi lansia ini masih terus berlanjut dengan target 26 ribu masyarakat usia di atas 60 tahun yang akan divaksin.

Untuk mempercepat proses vaksinasi bagi lansia ini Dinas Kesehatan OKU mengoptimalkan tugas dan fungsi tenaga vaksinator di 18 puskesmas dan tiga rumah sakit yang menjadi tempat pelayanan vaksin.

Pihaknya juga melibatkan lintas sekitar seperti TNI dan Polri melalui Babinsa dan Bhabinkamtibmas untuk membantu mengajak masyarakat lanjut usia di wilayah kerja masing-masing agar datang ke tempat pelayanan vaksinasi guna disuntik vaksin.

"Selain itu, peran serta pihak keluarga untuk mengajak orang tuanya ke tempat pelayanan vaksin juga menjadi faktor utama mensukseskan proses vaksinasi lansia agar berjalan lancar," ujar dia.

Terkait persediaan vaksin, Andi mengaku saat ini pihaknya mendapat tambahan distribusi dari Pemerintah Provinsi Sumsel sebanyak 640 vial yang diperuntukan bagi lansia dan pelayanan publik di Kabupaten OKU.

"Untuk jumlah vaksin masih kurang mengingat lansia yang akan divaksin saja mencapai 26 ribu orang. Belum pelayan publik. Namun, kekurangannya akan diajukan secara bertahap," ujarnya.
Pewarta :
Uploader: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar