Bandara SMB II Palembang antisipasi naiknya trafik natal-tahun baru

id libur natal tahun baru,nataru 2021,bandara smb II palembang,air asia,susi air,COVID-19 ,protokol kesehatan bandara,e-hac,berita sumsel, berita palemba

Bandara SMB II Palembang antisipasi  naiknya trafik natal-tahun baru

Pembukaan posko natal-tahun baru 2020/2021 di Bandara SMB II Palembang, Jumat (18/12) (ANTARA/Aziz Munajar/20)

Palembang (ANTARA) - Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang mulai mengantisipasi peningkatan trafik pergerakan penumpang selama libur natal dan tahun baru dengan memperketat protokol kesehatan dan mendirikan posko.

Executive General Manager Bandara SMB II Palembang Tommy Ariesdianto, Jumat, memprediksi trafik selama natal-tahun baru mencapai 4.000 - 5.000 penumpang perhari atau naik dibandingkan rata-rata selama masa pandemi yakni 3.709 penumpang perhari.

"Jelang natal-tahun baru saat ini pergerakan penumpang sudah di 4.008 perhari," ujarnya usai membuka posko nataru.

Prediksi trafik itu memang turun dibandingkan rata-rata pergerakan penumpang pada musim nataru 2019 yang mencapai 11.000 orang perhari.

Selain disebabkan libur natal-tahun baru, peningkatan penumpang selama natal-tahun baru juga didorong dari telah beroperasinya rute baru maskapai Air Asia dan Susi Air di Bandara SMB II Palembang.

Air Asia kembali melayani rute PLM-CGK terhitung mulai 15 Desember hingga 27 Maret, sedangkan Susi Air rute membuka rute Pagaralam-Waykanan terhitung 25 November-31 Desember, sehingga total rute yang ada di Bandara SMB II Palembang berjumlah 19 rute domestik.

Sementara kondisi pandemi yang masih berlangsung selama periode natal-tahun baru membuat pengelola Bandara SMB II Palembang memindahkan lokasi verifikasi data e-HAC penumpang keluar terminal kedatangan dari sebelumnya di dalam.

"Kami ingin semua orang yang ada di dalam terminal benar-benar aman  dengan hasil rapid test non reaktif, jadi pemeriksaanya di luar," tambahnya.

Ia mengimbau para penumpang tiba dua jam sebelum keberangkatan untuk mengantisipasi antrian, penumpang juga dapat melakukan self check in tiket dan segera memvalidasi data e-HAC.

Ia juga meminta para calon penumpang tidak khawatir menggunakan jasa penerbangan, karena pengelola selalu menjaga kondisi bandara dengan disinfektan dan fasilitas pencegah COVID-19 seperti hand sanitizer, penanda jaga arak serta pengukur suhu tubuh sudah dilengkapi.

Selain itu selama Natal dan Tahun Baru akan ada ratusan petugas gabungan TNI, POLRI, Dishub, Airnav, BMKG, maskapai, CIQ dan KKP yang bersiaga 24 jam selama 18 Desember 2020 - 4 Januari 2021.