Bunga bangkai mekar kembali di Kebun Raya Cibodas

id LIPI, Bunga Bangkai,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara palembang, antara hari ini, palembang hari ini, jembatan ampera

Bunga bangkai mekar kembali di Kebun Raya Cibodas

Bunga bangkai mekar kembali di Kebun Raya Cibodas LIPI di Cianjur, Jawa Barat, pada Sabtu (2/5/2020). (ANTARA/HO/Humas LIPI)

Jakarta (ANTARA) - Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) mengatakan bunga bangkai atau amorphophallus titanum mekar kembali di Kebun Raya Cibodas yang mereka kelola di Cianjur, Jawa Barat, pada Sabtu.

"Bunga ini memiliki tinggi total 352 sentimeter (cm) dan diameter mekar bunga 166 cm," kata Destri, peneliti Balai Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Cibodas LIPI, melalui keterangan pers yang diterima ANTARA, Minggu.

Ia mengatakan mekarnya bunga bangkai tersebut menjadi peristiwa mekar bunga yang keenam dari individu yang sama, yang mekar untuk pertama kalinya pada 2003.

"Sebelumnya, individu ini terakhir kali mekar pada 2017 lalu," katanya.

Peristiwa mekarnya bunga bangkai kali ini, kata dia, memiliki keunikan tersendiri dibandingkan dengan peristiwa mekar bunga pada individu yang lain dan pada individu yang sama.

Keunikannya, katanya, adalah bahwa bunga tersebut berbunga tanpa melewati masa dorman.

"Sebelum daun terakhir benar-benar habis membusuk, langsung muncul tunas bunga pada awal tahun ini," ujarnya.

Koleksi bunga bangkai di Kebun Raya Cibodas LIPI, katanya, berasal dari Sungai Manau, Batang Suliti, Kawasan Nasional Kerinci Seblat, Sumatera Barat.

"Dikoleksi oleh mendiang Subekti Purwantoro dan kawan-kawan. Umbinya ditanam di Kebun Raya Cibodas LIPI pada tahun 2000," katanya.