Tenaga medis ditempatkan secara khusus di Hotel Swarna Dwipa

id tenaga medis,hotel swarna dwipa,tenaga medis di swarna dwipa,covid-19,virus corona,para tenaga medis tangani corona,covid sumsel

Tenaga medis ditempatkan secara khusus di Hotel Swarna Dwipa

Arsip-Hotel Swarna Dwipa di Kota Palembang (ANTARA/Yudi Abdullah/13)

Seperti yang menimpa enam perawat RS Siloam Palembang, Santu (18/4), mereka terpaksa menginap di rumah sakit karena mendapat perlakuan kurang menyenangkan dari pemilik kos, di mana keenamnya diminta angkat kaki jika tidak mengisolasi diri
Palembang (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan akan menyiapkan tempat khusus Hotel bintang tiga Swarna Dwipa Palembang bagi para tenaga medis yang ikut menangani COVID-19.

"Informasinya Hotel Swarna Dwipa disiapkan untuk tenaga medis, terkait pengaturan teknis akan dibicarakan nanti," kata Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan COVID-9 Sumsel, Yusri dalam keterangan telekonfrensinya di Palembang, Senin.

Penyiapan hotel berkapasitas 68 kamar milik BUMD Pemprov Sumsel tersebut untuk mendukung kerja tenaga medis sekaligus mencegah berulangnya penolakan warga terhadap tenaga medis yang pulang dari bertugas karena dianggap membawa virus COVID-19.

Seperti yang menimpa enam perawat RS Siloam Palembang, Santu (18/4), mereka terpaksa menginap di rumah sakit karena mendapat perlakuan kurang menyenangkan dari pemilik kos, di mana keenamnya diminta angkat kaki jika tidak mengisolasi diri dalam jangka waktu tertentu.

Baca juga: Enam perawat RS Siloam Palembang dilarang pulang ke rumah kost

Baca juga: Wagub: Tenaga medis jalani isolasi di wisma atlet Jakabaring Palembang


Stigma negatif semacam itu akan mengganggu penanganan COVID-19 karena tenaga medis berada di garda terdepan, meskipun rentan tertular namun penanganan terhadap tenaga medis juga sangat ketat dari masing-masing rumah sakit, kata dia.

"Kami berharap tidak ada lagi masyarakat yang takut, karena secara prosedur tenaga medis yang terindikasi COVID-19 itu langsung diisolasi, jadi jangan ada lagi opini tenaga medis itu sakit atau membawa penyakit ketika mereka pulang," jelas Yusri.

Sementara bagi tenaga medis yang mengalami gejala COVID-19 baik yang berstatus ODP, PDP, maupun OTG diarahkan menjalani karantina di Rumah Sehat COVID-19 Jakabaring berkapasitas 300 kamar, setidaknya saat ini terdapat 13 tenaga medis di rumah sehat tersebut.

Data COVID-19 di Sumsel per 20 April 2020, jumlah kasus positif mencapai 89 kasus dan tidak ada tambahan sejak 19 April, temuan terbanyak ada di Kota Palembang yakni 54 kasus yang didominasi penularan lokal dalam lingkup keluarga dan tenaga medis.

Bahkan dua orang tenaga medis dari Prabumulih dan Kota Palembang yang dinyatakan positif COVID-19 telah meninggal dunia.