Pasha Ungu jalani pemeriksaan setelah tiba di Palu

id Wawali palu, sigit purnomo, pasha ungu, corona,penanganan corona,virus corona,corona,covid-19,2019-ncov,novel coronaviru

Pasha Ungu jalani pemeriksaan setelah tiba di Palu

Wakil Wali Kota Palu, Sigit Purnomo Said menjalani pemeriksaan kesehatan di Rumah Sakit Umum Anutapura Palu sebagai upaya deteksi dan pencegahan penyebaran COVID-19 usai pulang bepergian dari Jakarta, Sabtu (28/3/2020). (ANTARA/HO-Humas Pemkot Palu)

Palu (ANTARA) - Wakil Wali Kota Palu Sigit Purnomo Said alias Pasha Ungu menjalani pemeriksaan kesehatan di Rumah Sakit Anutapura sebagai bentuk pencegahan penyebaran COVID-19 setelah tiba di Palu, Sulawesi Tengah, Sabtu.

Setibanya di Bandara Mutiara Sis-Aljufri Palu, Sigit Purnomo yang baru datang dari Jakarta langsung menuju ke RS Anutapura untuk pemeriksaan kesehatan sekaligus pengambilan sampel darah oleh tim medis setempat dan selanjutnya di uji laboratorium.

"Hasil rapid test corona oleh dokter RS Anutapura Palu hasilnya negatif," kata Wakil Wali (Wawali) Kota Palu itu.

Sebagaimana edaran Pemerintah Sulawesi Tengah dan Pemerintah Kota (Pemkot) Palu bahwa warga yang baru bepergian ke luar negeri maupun daerah terpapar COVID-19 wajib memeriksakan diri, termasuk Wawali Palu tersebut. 

Dia menginginkan, masyarakat yang baru pulang bepergian dari luar Sulawesi Tengah agar secara sadar dan sukarela memeriksakan diri di rumah sakit, hal ini sebagai langkah untuk mengantisipasi serta mempersempit penularan virus.

Terlebih mengingat saat ini dua warga Palu sudah terkonfirmasi positif COVID-19,sehingga ia meminta masyarakat tetap waspada namun tidak panik, sebab kepanikan justru dapat membahayakan diri sendiri.

"Memeriksakan kesehatan secara sukarela manfaatnya sangat besar. Kita tidak ingin keluarga dan masyarakat lainnya terpapar," kata dia.

Wawali juga mengapresiasi kerja-kerja tim medis yang tergabung dalam tim penanganan COVID-19 di RS Anutapura termasuk pihak Puskesmas karena sudah bekerja keras merawat para pasien.

Dia meminta warga setempat untuk sementara agar menahan diri melakukan kegiatan di luar rumah bila tidak ada keperluan mendesak, menghindari kerumunan masa serta membiasakan diri melakukan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

Di samping itu, memperketat pengawasan di wilayah-wilayah perbatasan serta objek-objek vital lainnya sebagai pintu masuk Kota Palu.

"Ini adalah cara efektif untuk mencegah penyebaran virus. Saya harap masyarakat mendukung langkah pemerintah," kata Sigit Purnomo.

 
Pewarta :
Editor: Indra Gultom
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar