PSAWI prihatin regenerasi atlet Ski air belum maksimal

id Ski air, atlet, minim,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara palembang, antara sumsel hari ini, palembang hari ini

PSAWI prihatin regenerasi atlet Ski air belum  maksimal

Pengurus Provinsi Persatuan Ski Air dan Wakeboard Indonesia (PSAWI) Sumatera Selatan memprihatinkan regenerasi atlet tidak dilaksanakan secara menyeluruh (Antara/Ujang Idurs/Ang/20)

Palembang (ANTARA) - Pengurus Provinsi Persatuan Ski Air dan Wakeboard Indonesia (PSAWI)  Sumatera Selatan memprihatinkan regenerasi atlet tidak dilaksanakan secara menyeluruh, padahal potensi bibit dan fasilitas tempat peselancar cukup banyak di provinsi itu.

Sumsel banyak danau dan air tempat latihan dan potensi itu seharusnya dapat melahirkan bibit atlet usia muda yang memiliki prestasi, kata Ketua Umum PSAWI Sumsel  H Asnawi P Ratu saat rapat koordinasi di Palembang, Sabtu.

Bahkan, lanjut dia, Palembang dengan fasilitas latihan bertaraf internasional, namun pembibitan atlet belum dilaksanakan.

Ia khawatir regenerasi atlet di provinsi itu terputus karena saat ini hanya ada satu atlet yang menjadi andalan, yakni Indra Hadinata.

Ia langganan peraih medali emas PON, seperti Kaltim, Riau dan Jabar.

Atlet Ski Air perlu regenerasi, sehingga pembibitan atlet usia dini secepat mungkin bisa dilakukan.

Oleh karena itu, itu pihaknya akan membina atlet usia dini melalui program "Ski Air Go to School". Pihaknya sudah berkoordinasi dengan Kadiknas Kota Palembang.

Sementara penanggung jawab Ski Air Go to School, Fatmawati mengatakan pihaknya akan membidik kalangan siswa SMP dalam mencari bibit atlet ski air tersebut.

Untuk tahap pertama ini pembibitan atlet dilaksanakan di Kota Palembang karena fasilitas latihan sudah lengkap.

PSAWI akan memanfaatkan danau tempat pelaksanaan SEA Games dan Asian Games di Kawasan Olahraga Jakabaring Palembang untuk pembibitan atlet jangka panjang.

Untuk pembinaan pihaknya akan meminta kepada kepala SMP yang ada di ibu kota Provinsi Sumsel tersebut, kata pengawas di Diknas Pendidikan Kota Palembang itu.

Pihaknya akan mengupayakan dana Bantuan Operasional Sekolah yang sekarang ini langsung ditransfer ke sekolah sekolah dalam mencari bibit peselancar tersebut.

Namun, untuk memanfaatkan dana BOS itu harus menggunakan program ekstrakurikuler dan itu salah satu dalam pembinaan nanti.

Sementara Sekum PSAWI Sumsel Lindayanto mengatakan untuk Ski meluncur ke sekolah itu merupakan program jangka panjang.

Bahkan, dalam memotivasi atlet pihaknya akan memberikan umrah gratis bila mampu merebut medali emas di tingkat nasional.

Pihaknya akan bekerja sama dengan travel wisata dan umrah, yakni Fidya Travel dalam memberikan bonus umrah bagi peraih medali PON tersebut.

MoU akan dilaksanaan bersamaan pelantikan pengurus Pengprov PSAWI yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat ini.
Pewarta :
Uploader: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar