Pertamina kembangkan teknologi pengeboran tepat guna

id Pertamina,Mahakam,Pengeboran tepat guna, migas, pengeboran minyak bumi

Pertamina kembangkan teknologi pengeboran tepat guna

Pertamina (ANTARA/ferly)

Jakarta (ANTARA) - PT Pertamina Hulu Mahakam (PHM) yang menjadi operator di Wilayah Kerja (WK) Mahakam mengembangkan teknologi dalam upaya pelaksanaan pengeboran yang efisien serta tepat guna di WK Mahakam.

Inovasi teknologi tersebut berkutat pada bagaimana menghadirkan teknologi yang tepat untuk memproduksi minyak dan gas dari berbagai reservoir kecil yang banyak jumlahnya dengan biaya serendah mungkin, kata General Manager PHM, John Anis di Jakarta, Jumat.

Karakter reservoir di WK Mahakam sangat unik karena lokasinya yang berada di delta Sungai Mahakam, dikenal dengan deltaic system.

Di WK ini reservoir minyak dan gas berbentuk seperti ribuan kantong-kantong kecil yang tersebar di area rawa dan laut seluas lebih dari 3.000 km2, dengan kedalaman hingga 5.000 meter.

Oleh sebab itu, produksi Mahakam sangat tergantung pada pengeboran sumur-sumur baru karena reservoir-reservoir itu tidak terkoneksi satu sama lain.

Sejauh ini berbagai reservoir di zona utama telah diproduksi, sehingga untuk kelanjutan WK Mahakam, diproduksi sumur-sumur di shallow zone (zona dangkal), dan ke depan dikembangkan sumur-sumur High Pressure High Temperature (HPHT).



Para teknisi di PHM, jelas John Anis, terus mengembangkan teknik dan metode yang aman untuk menghasilkan gas di zona-zona dangkal yang sebelumnya dinilai berbahaya untuk diproduksi, atau dinamakan Shallow Gas Development.

Sejauh ini upaya tersebut mencapai tingkat keberhasilan yang baik karena telah dibor lebih dari 200 sumur di zona ini tanpa ada insiden apa pun dan gasnya dapat diproduksi. Ke depan, Shallow Gas Development yang telah sukses di kawasan rawa-rawa (swamp area) akan dikembangkan juga ke lapangan-lapangan yang ada di lepas pantai (offshore).

Kemudian PHM juga merencanakan penerapan metode pengeboran High Pressure High Temperature (HPHT) di lapangan Tunu pada 2020. Untuk itu, terus dibuat perencanaan dan arsitektur pengeboran yang khusus dan seksama karena kegiatan pengeboran nantinya akan menghadapi tantangan tekanan reservoir yang tinggi (>13.000 Psia) dan suhu gas yang sangat panas (>160oC).

Tantangan selanjutnya adalah bagaimana mengintegrasikan produksi dari sumur-sumur HPHT itu dengan fasilitas produksi yang sudah ada, karena tidak dirancang untuk produksi gas yang menggunakan teknologi HPHT.

Para ahli perminyakan di PHM juga telah mengembangkan arsitektur sumur yang lebih sederhana (light architecture) sehingga mampu mempercepat pengeboran sumur-sumur baru. Sejumlah rekor pernah dicapai, yakni menyelesaikan pengeboran sumur gas dalam 3,4 hari, dan sumur minyak hanya dalam tempo 4,98 hari di Lapangan Handil. Aplikasi berbagai teknologi juga mempersingkat aktivitas pengeboran lebih dari 1,5 hari. Inovasi tersebut telah berhasil memangkas biaya operasi pengeboran.

Dalam upaya optimasi ini, tengah dikembangkan pula design platform yang lebih tepat guna (Ultra Minimalist Platform) dengan memakai struktur Zeepod atau pun Braced Monopod, yang disesuaikan dengan kebutuhan.

“Semua inovasi teknologi dalam hal pengeboran sumur itu dilakukan tanpa sedikit pun mengorbankan faktor keselamatan,“ tegas John Anis.

Dengan dukungan SKK Migas dan PT Pertamina Hulu Indonesia selaku induk perusahaan, PHM telah mendapat persetujuan untuk melaksanakan program Optimasi Pengembangan Lapangan-Lapangan (OPLL), dengan target mengebor 257 sumur pada program kerja 2020 – 2023.

OPLL ini juga mencakup pemasangan booster compressor di salah satu anjungan di lapangan Peciko serta pemasangan pipa dari anjungan Jempang Metulang di lapangan South Mahakam ke anjungan Sepinggan P yang dioperasikan PT Pertamina Hulu Kalimantan Timur untuk memasok gas ke kilang Refinery Unit (RU) V di Balikpapan.

Pada  masa depan, Mahakam juga akan berkontribusi dalam pasokan gas untuk pengembangan kilang yang merupakan bagian dari proyek RDMP (Refinery Development Master Plan).

Sepanjang 2019, PHM telah memprogramkan untuk tajak 118 sumur, di mana 78 sumur sudah selesai dibor hingga akhir Agustus 2019 (target WP&B hingga Agustus 2019 adalah 71 sumur).

Sementara itu tingkat produksi pada Juli 2019 adalah sebesar 700 MMscfd (wellhead), yang telah bertahan sejak Februari 2019 dan akan terus dipertahankan hingga akhir tahun.

Sejauh ini Pertamina telah berhasil menahan laju penurunan produksi Mahakam dengan performa yang lebih tinggi dibandingkan perkiraan yang pernah dilakukan sebelumnya yakni sebesar 686 MMscfd (2 persen lebih tinggi) pada 2019.

Pertamina menyadari bahwa agar WK Mahakam terus tumbuh dan berkelanjutan maka pengembangan teknologi adalah kata kunci untuk membuka potensi baru, teknologi juga terbukti mampu memangkas berbagai biaya operasi di tengah penurunan produksi alamiah.