Mantan penasihat Gedung Putih nyatakan tarif merusak ekonomi AS

id penasehat Gedung Putih,perang dagang,kerugian ekonomi AS

Mantan penasihat Gedung Putih nyatakan tarif merusak ekonomi AS

Kepala penasihat ekonomi Gedung Putih Gary Cohn berbicara selama konferensi pers harian, Kamis, 28 September 2017 di Washington. Dia mengumumkan pengunduran dirinya pada Maret 2018 setelah Trump memutuskan untuk mengenakan tarif baja dan aluminium menentang sarannya. (AP Photo/Evan Vucci)

Washington (ANTARA) - Mantan Direktur Dewan Ekonomi Nasional AS Gary Cohn mengecam kebijakan tarif pemerintah Amerika Serikat pada Kamis (1/8/2019), dan menggarisbawahi dampak negatif yang ditimbulkannya terhadap perekonomian AS.

"Saya anti-tarif dan saya anti-perang perdagangan," kata Cohn dalam wawancara dengan BBC. "Saya tidak percaya kamu bisa memenangkan perang dagang. Saya yakin semua orang kalah dalam perang dagang."

"Di komunitas pertanian itu memiliki dampak dramatis, (dan) di bagian investasi modal ekonomi AS, itu memiliki dampak dramatis," kata Cohn.

Menurut Cohn, industri mobil dan mesin cuci AS juga terpukul ketika tarif mendorong kenaikan harga sambil menurunkan penjualan.

Mengacu pada dampak perang dagang terhadap ekonomi China, dia berkata bahwa "Saya tidak benar-benar berpikir itu memukul ekonomi China."

Sebaliknya, tarif merusak janji kampanye Trump untuk mengembalikan pekerjaan manufaktur dan meningkatkan ekonomi AS, katanya.

"Ketika Anda membangun properti, pabrik, dan peralatan, Anda membeli baja, Anda membeli aluminium, Anda membeli produk impor, dan kemudian kami mengenakan tarif pada itu, sehingga insentif pajak yang kami berikan kepada Anda dengan satu tangan diambil dengan sisi lain," katanya.

"Jadi kita belum melihat penciptaan lapangan kerja yang seharusnya kita lihat."

Cohn, seorang bankir veteran Wall Street, telah menjabat sebagai direktur Dewan Ekonomi Nasional Gedung Putih, kepala penasihat ekonomi Trump, sejak awal pemerintahan Trump.

Dia mengumumkan pengunduran dirinya pada Maret 2018 setelah Trump memutuskan untuk mengenakan tarif baja dan aluminium menentang sarannya.