Presiden Jokowi potong rambut putranya lengkapi prosesi umrah

id Presiden Jokowi di Mekkah, Jokowi di Arab Saudi, Joko Widodo umrah

Presiden Jokowi potong rambut putranya lengkapi prosesi umrah

Presiden Jokowi saat melaksanakan tahalul atau pemotongan rambut kepada putra bungsunya, Kaesang Pangarep, sebagai rukun ibadah umroh di Mekkah pada Senin (15/4/2019). (Biro Pers Setpres)

Jakarta (ANTARA) - Presiden Joko Widodo telah menuntaskan rangkaian ibadah umroh setelah melengkapinya dengan prosesi potong rambut atau "tahalul", salah satunya dilakukan kepada kedua putranya.

Dalam sejumlah foto dari Biro Pers, Sekretariat Presiden yang diterima Antara pada Senin, Presiden memotong beberapa rambut putra pertamanya Gibran Rakabuming Raka.

Tidak ketinggalan, mantan Gubernur DKI Jakarta itu juga memegang sejumput rambut dari putra bungsunya, Kaesang Pangarep.

Jokowi pun terlihat memotong beberapa helai rambut istrinya, Iriana Joko Widodo.

Selain itu, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko yang turut dalam ibadah umroh juga dipotong sedikit rambutnya oleh Presiden.

Sejumlah peserta ibadah umroh juga meminum air zam-zam di dalam gelas berwarna putih.
Presiden Jokowi saat memotong rambut Kepala Staf Kepresidenan, Moeldoko, dalam prosesi ibadah umroh di Mekkah pada Senin (15/4/2019). (Biro Pers Setpres)


Prosesi memotong rambut atau "tahalul" merupakan salah satu rukun dalam ibadah umroh.

Presiden Jokowi telah menuntaskan rangkaian prosesi umroh dengan mengenakan kain ihram putih.

Rangkaian rukun ibadah umroh yakni tawaf mengelilingi Kakbah sebanyak tujuh kali, "sa'i" atau berlari kecil dari Bukit Safa hingga Bukit Marwah, dan bercukur rambut atau "tahalul".

Pada saat kunjungan, Jokowi juga mendapat kesempatan masuk ke dalam bangunan Kakbah sebelum melakukan tawaf dan melihat batu hajr aswad.