Pengusaha Palembang harapkan listrik tak sering padam

id pln,pln sumbagsel,berita sumsel,berita palembang,antara sumsel,antara palembang,antara sumsel hari ini,pengusaha palembang,pln palembang,pemadaman lis

Pengusaha Palembang harapkan listrik tak sering padam

Pekerja melakukan perawatan jaringan listrik di salah satu ruas jalan Kota Palembang,Sumsel. (ANTARA News Sumsel/Feny Selly)

Palembang (ANTARA News Sumsel) - Pelaku usaha di Kota Palembang, Sumatera Selatan mengharapkan pada musim hujan 2018 ini pihak PT PLN tidak sering melakukan pemadaman aliran listrik.

Sejumlah pelaku usaha di Palembang, Senin, mengungkapkan harapan mereka itu karena seringnya pemadaman aliran listrik dalam waktu yang cukup lama menimbulkan kerugian yang cukup besar akibat kegiatan usaha terganggu.

Menurut Fakhlani salah satu pengusaha pempek mengeluhkan seringnya pemadaman aliran listrik akhir-akhir ini ke tempat usahanya di kawasan Kampus POM IX ketika hujan turun pada siang maupun malam hari.

Pemadaman listrik mempengaruhi kegiatan usahanya karena penyimpanan stok dan ikan bahan baku untuk membuat makanan khas warga Kota Palembang itu sangat tergantung lemari pendingin yang kebutuhan energi listriknya tergantung pasokan PT PLN.

"Jika pemadaman dilakukan karena pertimbangan mencegah terjadi kerusakan akibat jaringan listrik terganggu pohon atau gangguan teknis lainnya saat hujan turun, perlu dilakukan upaya pemeliharaan jaringan kabel listrik dari berbagai gangguan," katanya.

Sementara Direktur Utama PT Karya Makmur Armada (PT KMA) Rifai Thambrin, kegiatan perusahaan yang bergerak di bidang konstruksi baja dan perbengkelan sering terhenti akibat padamnya aliran listrik PT PLN ke tempat usahanya di kawasan Plaju Palembang.

Tidak hanya kegiatan usaha yang terganggu akibat sering padamnya aliran listrik, kegiatan praktik kerja lapangan pelajar dan mahasiswa di perusahaan ini juga terganggu.

PT Karya Makmur Armada sebagai perusahaan swasta lokal berupaya memberikan kontribusi mencerdaskan anak bangsa dengan membuka diri sebagai tempat praktik kerja lapangan (PKL) bagi pelajar SMA, SMK, dan mahasiswa di wilayah Sumatera Selatan dan provinsi terdekat.

Saat listrik padam, pelajar dan mahasiswa tidak bisa mempelajari sistem administrasi dan manajemen perusahaan, serta menggunakan peralatan bengkel mempraktikkan ilmu yang didapat di dalam ruangan kelas.

Berdasarkan kondisi tersebut, pihaknya mengharapkan kepada pihak PT PLN untuk mencari solusi yang tepat mengatasi masalah seringnya pemadaman aliran listrik ketika hujan turun, ujar Rifai.