Pemkab Musi Banyuasin bantu perluasan lembaga pemasyarakatan

id lembaga pemasyarakatan,lp,nara pidana,rumah tahanan,berita sumsel,berita palembang,kapasitas lp,lp musi banyuasin

Pemkab Musi Banyuasin bantu perluasan lembaga pemasyarakatan

Dokumentasi- Polisi berjaga di depan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas). (ANTARA News Sumsel/Nova Wahyudi/dol)

Musi Banyuasin, Sumsel (ANTARA News Sumsel) - Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan berupaya membantu perluasan Lembaga Pemasyarakatan Sekayu yang saat ini mengalami kelebihan penghuni hingga 200 persen dari kapasitas yang tersedia sekitar 300 orang.

Untuk membantu perluasan Lembaga Pemasyarakatan Kelas II B Sekayu yang daya tampungnya terbatas tidak sesuai dengan jumlah penghuninya, saat ini telah disediakan lahan seluas tiga hektare, kata Plt Bupati Musi Banyuasin Beni Hernedi, di Sekayu, Senin.

Menurut dia, kondisi kelebihan penghuni dari kapasitas lapas yang sangat besar itu tidak boleh dibiarkan, karena dinilai kurang manusiawi dan sulit melakukan pembinaan kepada narapidana dalam ruangan yang padat penghuni.

Perluasan blok ruang tahanan diupayakan segera dilakukan, sehingga 925 masyarakat kabupaten ini yang menjalani masa pembinaan di lembaga pemasyarakatan bisa dilayani dengan baik dan merasa nyaman, katanya.

Selain berupaya melakukan penambahan blok ruangan tahanan, melalui momentum Bulan Suci Ramadhan 1439 Hijriah ini, pihaknya juga berupaya memperhatikan warga binaan dalam bentuk pemberian bingkisan.

Beberapa waktu lalu, pihaknya telah memberikan bingkisan tali kasih kepada warga binaan lapas Sekayu berupa 1000 paket bahan pokok, kain sarung dan mukena.

Perhatian yang diberikan Pemkab Musi Banyuasin tersebut sebagai upaya menjalin tali silaturahim dan memberikan dukungan moril kepada warga binaan di lembaga pemasyaratan tersebut.

Melalui berbagai upaya tersebut, diharapkan warga binaan di Lapas Kelas II B Sekayu bisa termotivasi dan fokus untuk menjalani masa hukumannya dengan baik dan tidak merasa terasingkan, ujar Beni.