Bill Cosby, Roman Polanski didepak dari akademi film

id ROMAN POLANSKI,berita sumsel,berita palembang,berita antara,Piala Oscar

Bill Cosby, Roman Polanski didepak dari akademi film

Roman Polanski (ANTARA News Sumsel/Reuters)

Los Angeles (Antara/Reuters) - Bintang televisi Bill Cosby dan sutradara pemenang Piala Oscar, Roman Polanski, dikeluarkan dari keanggotaan Academy of Motion Picture Arts and Sciences, kata kelompok penganugerah Academy Awards itu dalam pernyataan, Kamis.

Pencopotan Cosby dan Polanski merupakan langkah terbaru yang diambil kelompok tersebut sementara Hollywood bergulat dengan tuduhan-tuduhan soal pelecehan seksual yang mengguncang industri hiburan.

Cosby dan Polanski menjadi anggota-anggota pertama yang diketauhi didepak karena dianggap melanggar tata perilaku yang diterapkan Academy pada Desember. Tata perilaku itu ditetapkan setelah muncul tuduhan-tuduhan menyangkut pelecehan dan serangan seksual di kalangan industri hiburan.

Cosby (80) dikenal sebagai "Ayah Amerika" atas perannya sebagai sosok kebapakan dalam acara serial komedi televisi pada 1980-an, "The Cosby Show".

Cosby pekan lalu dinyatakan bersalah membius dan melakukan serangan seksual terhadap Andrea Constand pada 2004. Ia terancam hukuman penjara hingga 80 tahun.

Sementara itu, Polanski pada 1977 mengakui bahwa ia melakukan hubungan seks terlarang dengan seorang remaja putri berusia 13 tahun di Los Angeles.

Sutradara yang berkebangsaan Prancis dan Polandia itu tinggal di Prancis setelah mengakui bersalah. Ia melarikan diri ke Amerika Serikat karena takut kesepakatannya dengan jaksa akan ditolak dan ia akan mendapat hukuman penjara lebih lama. Kasus Polanski masih berjalan.

Polanski (84) adalah pemenang Piala Oscar pada 2003 sebagai sutradara terbaik untuk film drama Perang Dunia Kedua "The Pianist".

Perwakilan Cosby dan Polanski belum menanggapi permintaan untuk berkomentar.

Saat ini, diketahui sudah ada empat anggota yang dicopot oleh Academy.

Produser yang pernah sangat berpengaruh, Harvey Weinstein, dikeluarkan pada Oktober, setelah beberapa perempuan menuduhnya melakukan pelecehan seksual dalam kurun waktu beberapa puluh tahun. Kasus itu merebakkan gerakan sosial antipelecehan seksual, #MeToo.

Weinstein (66) membantah melakukan hubungan seksual secara paksa dengan siapa pun.

Aktor Carmine Caridi didepak dari Academy pada 2004 karena membagi-bagikan rekaman film ke para anggota Academy.