Deputi: PLTS segera dibangun di Jakabaring Palembang

id pembangkit listrik, tenaga surya, Rizal Edwin Manansang, Asian Games, pln

Dokumentasi- Pembangunan PLTS di kawasan Jakabaring Palembang (Antarasumsel.com/ Evan Ervani/Ang)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Asisten Deputi Bidang Kerja Sama Ekonomi Multilateral dan Pembiayaan Kementerian Ekonomi, Rizal Edwin Manansang mengatakan, proyek pembangkit listrik tenaga surya di Jakabaring Palembang segera dibangun, untuk persiapan kebutuhan Asian Games 2018.

Dalam waktu dekat ini proyek tersebut segera dibangun karena pihak Jepang sudah siap, kata Rizal Edwin Manansang di Palembang, Rabu.

Dia mengatakan, pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) tersebut dibangun bekerja sama pemerintah Jepang dan pemerintah Provinsi Sumsel.

Hal ini karena proyek PLTS pendanaannya juga disubsidi pemerintah Jepang dan juga Indonesia, ujar dia.

Ia mengatakan, memang konsep pembiayaan proyek PLTS berbentuk mekanisme kredit bersama, supaya biaya yang cukup besar dapat diatasi.

Dia mengatakan, energi tenaga surya penting direalisasikan karena Sumsel bersama DKI Jakarta akan menjadi tuan rumah Asian Games 2018.

Sementara Direktur PD Pertambangan dan Energi Sumsel, A Yaniarsyah Hasan mengatakan, proyek PLTS segera dibangun yang diharapkan awal 2018 sudah beroperasi.

Untuk tahap pertama ini 2 MW dan nantinya terus ditingkatkan, ujar dia.

Sementara Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Sumsel Robert Heri mengatakan, memang tenaga surya sangat dibutuhkan dalam mendukung udara bebas polusi.

Oleh karena itu proyek PLTS ini salah satu program untuk menciptakan kota bebas polusi, tambah dia.
Pewarta :
Editor: Ujang
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar