Pedagang di Palembang obral pernik HUT RI

id pedagang bendera, pernak pernik hut ri, hut ri, pedagang, pedagang asongan, bendera merah putih, merah putih

Pedagang di Palembang obral pernik HUT RI

Ilustrasi (Foto Antarasumsel.com/14/Feny Selly/Aw)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Pedagang bendera merah putih dan pernak pernik Hari Ulang Tahun ke-69 kemerdekaan Republik Indonesia di Kota Palembang, Sabtu, satu hari menjelang peringatan hari kemerdekaan mengobral atau menjual barang dagangannya dengan harga murah.

Pedagang musiman yang banyak dijumpai di sejumlah perempatan lampu merah dan kawasan Gedung DPRD Provinsi Sumatera Selatan di Jalan Kampus POM IX Palembang mengobral penak pernik HUT RI bernuansa bendera merah putih untuk dipasang di mobil dalam bentuk gantungan atau ditempel di kaca mobil, bendera, dan umbul-umbul merah putih untuk dipasang di rumah atau gedung perkantoran.

Pedagang musiman yang marak menjajakan barang dagangannya dalam sebulan terakhir ini memanfaatkan momentum satu hari menjelang peringatan HUT RI berupaya menghabiskan barang dagangan dengan menawarkan barang di bawah harga normal.

Salah seorang pedagang pernak pernik HUT RI Sumardi mengatakan dia dan beberapa temannya yang berasal dari Jawa sudah berjualan di Palembang sejak sebulan terakhir dan saatnya untuk pulang ke daerah asal karena momentumnya segera berakhir ketika peringatan HUT RI pada 17 Agustus.

"Kami sekarang ini mulai siap-siap untuk pulang, dengan mengobral barang dagangan diharapkan seluruh barang yang masih tersisa bisa habis terjual sehingga tidak harus membawa barang dagangan kembali," ujarnya.

Dengan kondisi sekarang ini, pernak pernik HUT RI seperti dalam bentuk ketupat merah putih dan bendera merah putih mini yang sebelumnya dijual Rp10.000 - 12.500 per buah kini dijual Rp7.500 per buah, sedangkan umbul-umbul yang sebelumnya dijual dengan harga Rp45.000-Rp75.000 per buah kini dijual Rp25.000-Rp50.000 per buah, dan bendera dijual dengan harga berkisar Rp25.000 - Rp100.000 per buah tergantung ukuran besar kecilnya kini dujual dengan harga Rp15.000-Rp60.000 per lembar, katanya.

Sementara itu pedagang lainnya Sumarno mengatakan, menjelang peringatan HUT RI ini, yang paling banyak laku adalah pernak-pernik untuk hiasan mobil dan umbul-umbul.

Pernak pernik HUT RI itu dijual dengan harga bervariasi mulai Rp8.000 hingga Rp15.000 per buah tergantung bentuk dan ukurannya, sedangkan bendera dan umbul-umbul merah putih dijual dengan harga berkisar Rp25.000 hingga Rp70.000 per lembar.