Kantor Kades Laya OKU terancam ambruk

id kantor kades, kantor kades laya terancam ambruk

Baturaja (ANTARA Sumsel) - Kantor Kepala Desa Laya Kecamatan Baturaja Barat yang dibangun dengan anggaran APBD Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan tahun 2012 dan selesai pertengahan 2013 terancam ambruk akibat tidak dipasang turap atau dinding penahan.

Kepala Desa (Kades) Laya Ogan Komering Ulu (OKU), Syamsul HZ di Baturaja, Senin, mengatakan, tidak mengetahui berapa besaran dana yang digunakan untuk membangun kantor permanen tersebut.

"Setahu saya kantor tersebut dibangun dengan dana APBD OKU 2012 dan selesai pertengahan tahun 2013. Untuk besaran dananya saya tidak tahu persis berapa jumlahnya, karena saat itu saya belum menjabat Kades" ungkapnya.

Menurut Syamsul, setelah dirinya dilantik menjadi Kades Laya pada Januari 2014, ia bermaksud untuk menempati kantor tersebut, namun kondisi bangunan itu sudah sulit untuk ditempati karena banyak keramik pada bagian depan kantor yang pecah dan hilang.

"Kondisinya juga bergelombang, karena tanah bangunan kantor itu bergeser akibat hujan deras yang sering mengguyur Kota Baturaja dalam beberapa bulan terakhir," katanya.

Ia berharap, Pemerintah Kabupaten OKU melalui instansi terkait dapat melakukan perbaikan.

Sebab, jika tidak diperbaiki maka kemungkinan besar kantor yang dibangun permanen itu akan roboh akibat tidak adanya dinding penahan tanah.

"Kami berharap, pihak terkait bisa secepatnya membangun dinding penahan tanah kantor tersebut, karena dinding penahan tanah yang ada sekarang ini hanya terbuat dari kayu sudah lapuk. Kalau dibiarkan terus maka besar kemungkinan kantor tersebut akan ambruk," tegasnya.