Nadia, anak petugas keamanan pecahkan rekor nasional

id Nadia Anggraini, rekor nasional nomor lompat tinggi junior putri

Nadia, anak petugas keamanan pecahkan rekor nasional

Ilustrasi - Olahraga lompat tinggi (Foto IST)

Jakarta (ANTARA Sumsel) - Nadia Anggraini, anak dari petugas keamanan perusahaan di Jakarta berhasil memecahkan rekor nasional nomor lompat tinggi junior putri dalam Kejurnas Atletik Junior dan Remaja 2013 di stadion Madya Senayan, Jakarta.

Atlet lompat tinggi asal DKI Jakarta itu terlihat sumringah setelah berhasil memecahkan rekor nasional yang belum terpecahkan sejak 24 tahun silam, yaitu dengan tinggi lompatan 1,70 meter.

"Memecahkan rekor 25 tahun lalu, tentu senang dan tidak menyangka," kata Nadia sebelum menjalani tes doping di Stadion Madya Senayan, Jakarta, Jumat.

Lompatan setinggi 1,70 meter tersebut diraihnya pada lompatan pertama dan langsung berhasil. Panitia langsung meninggikan lompatan diangka 1,77 meter, namun Nadia tidak berhasil hingga akhir kesempatan lompatan.

Nadia sebenarnya berusaha untuk mencapai tinggi lompatan 1,77 meter, bahkan dirinya mengaku sempat gugup. Dia mengatakan, seorang wasit sempat mengucapkan agar dirinya istirahat dulu agar lebih konsentrasi dan tenang.

"Sempat mencoba tinggi lompatan 1,77 meter tapi belum berhasil. Memang belum ada target untuk mencapai angka tersebut, tadi langsung dinaikkan ke angka tersebut buat tolak ukur," ujar perempuan dengan tinggi badan 173 centimeter.

Capaian di Kejurnas tahun ini menurut dia memperbaiki lompatannya pada ajang Jawa Timur Terbuka pada bulan Maret lalu di Sidoarjo dengan tinggi lompatan 1,68 meter.

Nadia lahir di Jakarta pada tanggal 19 Juli 1995, dia anak pertama dari dua bersaudara. Ayahnya bernama Endang Munawar, ibunya Ropida, dan adiknya Febriana Putra masih kelas 6 Sekolah dasar.

Nadia menceritakan bahwa ayahnya berprofesi sebagai petugas keamanan di salah satu perusahaan di Jakarta, dan ibunya berprofesi sebagai ibu rumah tangga.

"Adik saya hobi main bola dan ikut klub," ujarnya.

Nadia masuk Pusat Pendidikan dan Latihan Pelajar (PPLP) sejak 2010 dan saat ini sedang menempuh jenjang pendidikan SMA kelas 3 di SMA 116 Ragunan.

Nadia menceritakan, pada awal dirinya menjadi atlet bukan di nomor lompat tinggi tetapi lari 100 meter. Lalu saat dirinya ikut Kejurnas Atletik Junior dan Remaja tahun 2010, dirinya ikut nomor lompat tinggi dan memperoleh hasil lompatan setinggi 1,40 meter.

"Setelah itu saya ditarik ke PPLP jadi difokuskan ke satu nomor yaitu lompat tinggi," tandas perempuan berambut pendek itu.

Tahun 2012, Nadia juga ikut Kejurnas Atletik Junior dan Remaja nomor lompat tinggi dengan tinggi lompatan 1,61 meter.

Setelah memecahkan rekor nasional lompat tinggi, Nadia memiliki cita-cita untuk tampil di kejuaraan dunia, dan yang dilakukannya saat ini adalah terus berlatih untuk memperbaiki hasil lompatannya.