Pedagang asongan pernaik-pernik HUT RI marak

id pedagang asongan, pedagang pernak-pernik marak di palembang

Palembang (ANTARA Sumsel) - Pedagang asongan pernak pernik Hari Ulang Tahun ke-67 kemerdekaan Republik Indonesia sudah mulai marak di Kota Palembang meskipun belum memasuki bulan Agustus.

Pedagang asongan itu tampak banyak di perempatan lampu merah Rumah Sakit Charitas Palembang, Senin, menjajakan penak pernik HUT RI bernuansa bendera merah putih untuk dipasang di mobil dalam bentuk gantungan atau ditempel di kaca mobil.

Ketika lampu merah menyala, tampak sejumlah pedagang asongan bergegas memanfaatkan kesempatan kendaraan berhenti menghampiri pengendara mobil menawarkan pernak pernik tersebut.

Salah seorang pedagang asongan pernak pernik HUT RI, Waluyo mengatakan, dia dan beberapa temannya yang berasal dari Jawa sudah berjualan di Palembang ini sejak sepekan terakhir.

Pada kondisi sekarang ini penjualan secara langsung kepada pemilik kendaraan di jalan masih tergolong sepi, namun tidak sedikit yang memesan barang dagangannya untuk dijual kembali atau untuk perkantoran.

Pernak pernik HUT RI seperti dalam bentuk ketupat merah putih dan bendera merah putih mini dijual Rp12.500 per buah, kata dia menjelaskan.

Selain pernak pernik untuk hiasan mobil, juga mulai marak pedagang bendera merah putih dan umbul-umbul di pinggir jalan sejumlah kawasan seperti di Jalan kampus POM IX mulai depan Gedung DPRD Sumsel hingga depan TVRI, beberapa titik di kawasan Jalan Radial dan kawasan jalan lainnya.

Pedagang musiman pernak pernik HUT RI itu menawarkan bendera merah putih dengan harga bervariasi mulai Rp35.000 hingga Rp90.000 tergantung ukurannya sedangkan umbul-umbul dijual Rp40.000 hingga  Rp65.000 per lembar. (Y009)