Pemprov Sumsel ajak masyarakat gemar makan ikan

id sumsel,palembang,gemar makan ikan,pemprov sumsel

Pemprov Sumsel ajak masyarakat gemar  makan ikan

Asisten II Setda Sumsel Zulkarnain di Palembang, Rabu (11/9/2024). (ANTARA/HO/Pemprov Sumsel)

Palembang (ANTARA) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Selatan (Sumsel) mengajak masyarakat di wilayah itu gemar makan ikan dalam rangka menangani gizi buruk dan pencegahan stunting.

Asisten II Setda Sumsel Zulkarnain di Palembang, Rabu, mengatakan ketahanan pangan dan stunting masih menjadi isu prioritas nasional.

Menurut data World Health Organization (WHO) tahun 2020, dari 117 negara, Indonesia termasuk di dalam 17 negara yang mempunyai masalah terhadap tumbuh kembang yaitu stunting (kekerdilan) 31,8 persen, wasting (kecerdasan rendah) 12,1 persen dan overweight (obesitas) 11,9 persen. Hal ini menunjukkan bahwa Indonesia masih rendah dalam menangani pengembangan gizi dan pangan.

"Di sinilah peran dan tanggung jawab lembaga pemerintahan melalui Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan juga Tim Penggerak PKK sebagai Forum Peningkatan Angka Konsumsi Ikan (Forikan) yang merupakan organisasi strategis, yang diketuai oleh ibu kepala daerah provinsi maupun kabupaten/kota, berupaya untuk turut meningkatkan ketahanan pangan dan asupan gizi melalui peningkatan Angka Konsumsi Ikan (AKI) pada masyarakat," katanya.