Kenduri Swarnabhumi pewarisan sejarah Sungai Batanghari

id Kenduri swarnabhumi Jambi, gubernur Jambi, festival Keris siginjai

Kenduri Swarnabhumi pewarisan sejarah Sungai Batanghari

Gubernur Jambi Al Haris dalam Festival Keris Siginjai 2024 dalam rangkaian Kenduri Swarnabhumi di Kota Jambi, Sabtu (3/8/2024) (ANTARA/HO-Diskominfo Jambi)

Jambi (ANTARA) - Gubernur Jambi Al Haris menyebutkan Kenduri Swarnabhumi bertujuan untuk menggali sejarah sebagai upaya menghubungkan kembali masyarakat dengan peradaban Sungai Batanghari yang memiliki nilai sejarah, budaya, ekonomi, dan ekologi yang tinggi.  

"Sungai ini juga menjadi identitas dan kebanggaan bagi masyarakat Sumatra khususnya Melayu Jambi untuk itu, sungai ini perlu dilestarikan dan dijaga kebersihannya," kata Gubernur Jambi Al Haris di Jambi, Minggu.  

Haris menyampaikan Kenduri Swarnabhumi yang diselenggarakan banyak mendapat perhatian dari masyarakat, karena banyaknya festival yang unik-unik dan mengangkat sejarah budaya Jambi.  

"Sudah tiga tahun kita menyelenggarakan Kenduri Swarnabhumi banyak mendapat perhatian dari masyarakat juga dari pemerintah pusat melalui Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia, sangat banyak memperhatikan dan membantu Provinsi Jambi," kata dia.