Dalam kunjungan di Sumsel, Menko Airlangga sebut anggaran Makan Bergizi Gratis tidak dipotong

id sumsel,palembang,program makan bergizi gratis,menko perekonomian

Dalam kunjungan di Sumsel, Menko Airlangga sebut anggaran Makan Bergizi Gratis tidak dipotong

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto saat diwawancarai di Palembang, Sabtu (20/7/2024). (ANTARA/Ahmad Rafli Baiduri)

Palembang (ANTARA) - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto memastikan anggaran untuk program Makan Bergizi Gratis tidak dipotong.

“Untuk anggaran Program Makan Bergizi Gratis ini tidak dipotong,” kata Airlangga saat diwawancarai di Kota Palembang, Sumatera Selatan, Sabtu.

Ia menjelaskan anggaran Program Makan Bergizi Gratis sudah ditetapkan dalam Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2025 sebesar Rp71 triliun.

Namun, pelaksanaan Program Makan Siang Gratis itu akan menyesuaikan dengan indeks harga pangan di masing-masing daerah.

“Tinggal saja pelaksanaan Program Makan Siang Gratis karena setiap daerah itu berbeda-beda indeksnya,” jelasnya.



Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy mengatakan bahwa anggaran Rp7.500 per porsi untuk makan bergizi gratis sudah cukup.

"Saya kira untuk daerah tertentu Rp7.500 sudah besar itu," kata Muhadjir Effendy di Jakarta, Kamis (18/7).

Menurut Muhadjir, kebijakan mengenai anggaran Makan Bergizi Gratis yang turun menjadi Rp7.500 per porsi ini masih digodok.

Dia mengatakan nominal tersebut tidak dapat disebut terlalu kecil untuk semua daerah karena harga jual bahan makanan dan tingkat kemahalan di setiap daerah berbeda-beda.



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Menko Airlangga pastikan anggaran Makan Bergizi Gratis tidak dipotong