Dokter ingatkan pentingnya mengikutsertakan anak di PIN Polio 2024

id Polio,PIN Polio,berita palembang, berita sumsel

Dokter ingatkan pentingnya mengikutsertakan anak di PIN Polio 2024

Arsip foto - Bayi mendapatkan vaksin polio saat imunisasi di Puskesmas Kecamatan Sawah Besar, Jakarta, Selasa (28/6/2016). ANTARA FOTO/Rosa Panggabean/foc/aa.

Jakarta (ANTARA) - Dokter spesialis anak (konsultasi) RSUD Pasar Rebo, dr. Arifianto, Sp. A(K) mengingatkan pentingnya bagi orang tua mengikutsertakan anak=anaknya pada Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio 2024 untuk mencegah polio masuk ke Jakarta.

“Penyakit ini sangat terkait dengan temuan virus. Kebetulan yang ditemukan di luar Jakarta dalam kurun waktu dua tahun terakhir adalah virus tipe 2. Tipe ini nggak ada di vaksin tetes sebelumnya. Itulah kenapa vaksin ini juga perlu diberikan untuk melengkapi,” kata Arifianto dalam diskusi daring yang diselenggarakan oleh Puskesmas Kramat Jati, Jakarta Timur, Senin.

Lebih lanjut, Arifianto menjelaskan vaksin Polio sendiri terdiri dari dua jenis yakni tetes dan suntik. Vaksin Polio tetes merupakan vaksin hidup yang dilemahkan sedangkan vaksin Polio suntik adalah vaksin yang sudah dimatikan.

Selain itu, perbedaan vaksin ini terdapat pada kandungannya. Pada vaksin Polio tetes yang digunakan di program pemerintah, hanya terdiri dari dua tipe yakni Polio tipe 1 dan 3.

Oleh sebab itu untuk melengkapi tipe 1, 2 dan 3, diperlukan vaksin Polio suntik. Pemberian vaksin suntik diharapkan dapat mempertahankan status Polio tipe 2 yang sudah dinyatakan tidak ada akan seterusnya tidak ada.