Kematian atlet bulutangkis China saat bertanding dorong regulasi baru

id bulutangkis, atlet china, Zhi Jie, meninggal dunia

Kematian atlet bulutangkis China saat bertanding dorong regulasi baru

Pebulu tangkis tunggal putra China Zhang Zhi Jie meninggal dunia setelah pingsan di lapangan saat pertandingan BNI Badminton Asia Junior Championships 2024, Minggu malam (30/6/2024). ANTARA/X/@INABadminton/pri.

Pewarta Sumsel (ANTARA) - Kematian atlet bulutangkis muda China, Zhang Zhi Jie menjadi pelajaran penting untuk penyelenggaraan pertandingan olahraga lainnya terkait dengan penanganan kedaruratan atlet di lapangan.

Zhang Zhi Jie pingsan dan meninggal dunia saat berlaga di GOR Amongrogo Yogyakarta, Minggu.


Pengurus Pusat (PP) Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI) menyatakan bakal menyurati Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) terkait prosedur standar operasi (SOP) pertolongan bagi atlet saat kondisi darurat menyusul meninggalnya

Humas dan Media Panpel PBSI Broto Happy saat konferensi pers di Kantor KONI DIY, Yogyakarta, Senin, menyatakan berdasarkan SOP yang berlaku saat ini tim medis harus menunggu call dari referee (wasit) untuk memberikan pertolongan kepada atlet.

"Memang harus lebih cepat lagi bila terjadi kejadian darurat, mungkin aturan itu bisa dikalahkan lah karena demi semuanya, demi keselamatan atlet dan juga untuk kebaikan bagi seluruh pemain yang bertanding," ujar dia.

Broto menjelaskan dalam kasus Zhi Jie, tim medis dan dokter turnamen baru diizinkan masuk ke lapangan untuk memberikan pertolongan pertama kepada Zhi Jie setelah mendapatkan call dari referee.

Zhi Jie saat itu mengalami kolaps mendadak saat tengah berlaga melawan Kazuma Kawano dari Jepang di pertandingan terakhir penyisihan grup BNI Badminton Asia Junior Championships 2024 pada Minggu malam (30/6).