ASN Sumsel ditempa untuk mampu bertahan dengan kualitas terbaik

id PKP BPSDMD Sumsel,ASN SUMSEL,Akreditasi LAN RI

ASN Sumsel ditempa untuk mampu bertahan dengan kualitas terbaik

Kegiatan Pelatihan kepemimpinan dan pengawas (PKP) angkatan I dan II 2024 BPSDMD Sumsel di Palembang, Jumat (7/6/2024). (ANTARA/ M Imam Pramana)

Palembang (ANTARA) -
Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BPSDMD) Sumatera Selatan berikan pelatihan kepemimpinan dan pengawas bagi para ASN di daerah itu agar  mampu beradaptasi serta bertahan dengan kualitas terbaik

"ASN  wajib mengimplementasikan kinerja terbaik, beradaptasi dan bertahan dengan kualitas terbaik sesuai dengan akreditasi bintang I dan akreditasi B  yang kita peroleh dari Lembaga Akreditasi Nasional (LAN) RI," kata Kepala BPSDMD Sumsel Edwar Juliartha di Palembang, Jumat. 
 
Menurut  Edward,  sebagai ASN harus bisa beradaptasi dan setidaknya terdapat lima hal untuk bertahan dengan kualitas terbaik yaitu mental agent, people agent, learning agent, change agent dan trace agent.
 
"Kami sudah menyelenggarakan kembali PKP, harapannya apa yang sudah diraih bisa diimplementasikan itu juga untuk membuktikan BPSDMD Provinsi Sumsel mendapatkan bintang 1 dari Lembaga Administrasi Negara (LAN) RI dan terakreditasi B," katanya.
 
Ia menambahkan dengan mengikuti PKP, para ASN bisa mendapatkan wawasan, pengetahuan, menyelesaikan problem solving, bisa bekerjasama, bisa dapat info-info strategis baru, dan lain-lain.
 
Sementara itu Kabid PK Manajerial Tri Hartati menambahkan, PKP ini diadakan selama tiga bulan dengan empat tahapan. Jadi dari Mei hingga Agustus mendatang.
 
Tahapannya, pertama 10 hari belajar mandiri. Kedua 17 hari online atau zoom. Ketiga, 15 hari kampus atau klasikal yang diadakan saat ini dan keempat selama 60 hari out atau di luar.
 
Sementara itu untuk peserta nya sebanyak 80 orang dari OPD yang ada di Provinsi Sumsel. Kemudian ada dari Kota Palembang, Muba, Lahat, OKU dan satu dari Jambi.