Imigrasi Palembang tuntaskan pemeriksaan paspor haji gelombang I Sumsel-Babel

id Imigrasi Palembang, paspor calhaj, embarkasi haji, gelombang pertama

Imigrasi Palembang tuntaskan pemeriksaan paspor haji gelombang I Sumsel-Babel

Petugas Imigrasi Palembang melakukan pemeriksaan paspor calon haji asal Sumsel dan Babel. (ANTARA/Yudi Abdullah/24)

Palembang (ANTARA) - Petugas Kantor Imigrasi Kelas I Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Palembang telah menuntaskan pelayanan pemeriksaan paspor untuk pemberangkatan sekitar 4.000 calon haji asal Sumatera Selatan dan Bangka Belitung (Babel) melalui Embarkasi Haji Bandara Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II langsung ke Madinah.

"Hari ini pelayanan terakhir pemberangkatan 450 calon haji gelombang pertama asal Sumatera Selatan (Sumsel) sedangkan asal Bangka Belitung (Babel) telah diberangkatkan pada 15 -18 Mei 2024," kata Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Palembang Mohammad Ridwan, di Palembang, Kamis.

Dia menjelaskan, pihaknya menyiapkan 75 petugas untuk melayani pemeriksaan paspor calon haji asal Sumsel-Babel yang diberangkatkan melalui Embarkasi Haji Palembang pada musim haji 1445 Hijriah/2024.

Calon haji yang diberangkatkan melalui Embarkasi Haji Palembang 8.506 orang dengan rincian 7.295 orang asal Sumsel dan 1.116 asal Kepulauan Babel, dan 95 petugas haji.



Pemberangkatan calon haji dari dua provinsi tersebut dibagi 19 kloter dalam dua gelombang menggunakan pesawat Saudi Arabian Airlines yang setiap kloternya 450 orang.

Gelombang pertama yakni kloter 1 - 9 mulai diberangkatkan pada 12 - 23 Mei 2024 dari Bandara SMB II Palembang langsung ke Madinah.

Sedangkan gelombang kedua kloter 10 -19 mulai berangkat pada 24 Mei hingga 4 Juni 2024 dari Palembang langsung ke Jeddah, kata Ridwan.

Sementara sebelumnya Ketua Satgas Pemberangkatan Haji Imigrasi Palembang Adep Yoenoes menjelaskan bahwa pemeriksaan paspor/entry data perlintasan calhaj menggunakan sistem manajemen pengawasan wilayah perbatasan (Border Control Management/BCM) dan penerapan cap oleh petugas dilakukan di Asrama Haji Kota Palembang.

"Untuk melakukan pelayanan pemeriksaan paspor 8.506 calhaj asal Sumsel dan Babel yang tergabung dalam 19 kloter itu diturunkan tiga tim dengan anggota masing-masing tim 25 orang," ujar Kasatgas yang juga Kasilantaskim itu.

Kepala Kanwil Kemenkumham Sumsel Ilham Djaya mengapresiasi Satgas Imigrasi Palembang yang telah sukses menjalankan tugas pelayanan kepada calhaj dengan baik pada gelombang pertama.

"Dengan melihat pelayanan keimigrasian sejak pemberangkatan perdana calhaj pada 12 Mei 2024, saya optimistis kegiatan pelayanan keimigrasian di Embarkasi Haji Palembang bisa dilakukan dengan baik pada saat pemberangkatan sekitar 4.500 calhaj
gelombang kedua kloter 10 -19 pada 24 Mei hingga 4 Juni 2024," kata Ilham Djaya.*



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Imigrasi Palembang tuntaskan paspor haji gelombang I Sumsel-Babel