Kabupaten Banyuasin gelar MTQ XII/2024

id Sumsel, mtq, banyuasin

Kabupaten Banyuasin gelar MTQ XII/2024

Pj Bupati Banyuasin Hani S Rustam saat memberikan sambutan pada pembukaan MTQ XII/2024 . Pemerintah Kabupaten Banyuasin menggelar Musabaqoh Tilawatil Qur’an XII/2024 tingkat Kabupaten Banyuasin yang berlangsung 22 – 25 Februari 2024. (ANTARA/HO/Diskominfo)

Palembang, Sumsel (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Banyuasin  menggelar Musabaqoh Tilawatil Qur’an XII/2024 tingkat Kabupaten Banyuasin yang berlangsung 22 – 25 Februari 2024.

Pelaksanaan MTQ yang diikuti kafilah dari seluruh kecamatan se-Kabupaten Banyuasin. Kegiatan  itu digelar di Desa Lubuk Lancang Kecamatan Suak Tapeh.

Penjabat Bupati Banyuasin H Hani S Rustam mengatakan momentum MTQ yang digelar berdekatan setelah Pemilu , 14 Februari 2024, untuk itu dirinya menyampaikan agar tetap menjaga silaturahmi dan ukhuwah islamiah melalui penyelenggaraan MTQ dengan sesama muslim, yang mana tidak ada lagi silang pendapat karena berbeda pandangan.

“Kegiatan MTQ jangan hanya dipandang dari syiar keagamaan semata, namun lebih dari itu, harus dimaknai secara komprehensif nilai-nilai yang terkandung dalam al-quran sekaligus meneladani sifat, kemuliaan dan akhlak nabu Muhammad SAW yang menjadi nafas kepribadian sebagai umat muslim,” kata Hani S Rustam.

Ia juga berpesan kepada para peserta agar menampilkan kemampuan sebaik dan semaksimal mungkin, anggap MTQ ini bukan hanya sekedar menjadi juara, namun diharapkan dapat mampu memelihara kesucian alquran.

“Untuk Dewan hakim, selamat bertugas hindari penilaian yang subjektif yang berdasarkan nilai personaliti, karena penilaian juri menentukan qori dan qoriah ke depannya untuk berkembang maju lagi,” pungkasnya.

Sekretaris Daerah Banyuasin Erwin Ibrahim , dalam laporannya menyebutkan MTQ diikuti 457 orang yang baik peserta lomba, pelatih dan pendampingnya yang berasal dari 21 Kecamatan di Kabupaten Banyuasin.

Dirinya berharap dengan adanya perlombaan berbasis Islam ini dapat terwujudnya peserta yang berkualitas, untuk mewakili Banyuasin ditingkat Provinsi Sumatera Selatan.

Selain itu ia juga mendorong agar pemenang pada MTQ tingkat Kabupaten Banyuasin itu bisa sampai tingkat nasional untuk mewakili Banyuasin.

“Dengan adanya MTQ ini dapat terwujudnya syiar Islam melalui lantunan ayat suci Al- Qur’an sehingga Banyuasin menjadi salah satu Kabupaten Tahfidz Qur’an bisa terwujud,” harapnya.