Polres OKU cek kondisi keamanan Kantor Bawaslu jelang Pemilu

id Pemilu 2024, Kantor Bawaslu, perangkat CCTV, Polres OKU

Polres OKU cek kondisi keamanan Kantor Bawaslu jelang Pemilu

Personel Polres OKU melakukan pengecekan kondisi keamanan di Kantor Sekretariat Bawaslu OKU, Selasa (23/1/2024). ANTARA/Edo Purmana/24.

Baturaja (ANTARA) - Polres Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatra Selatan melakukan pengecekan kondisi keamanan Kantor Sekretariat Bawaslu di Kelurahan Kemalaraja, Kecamatan Baturaja Timur guna memastikan keamanannya dalam menjelang pemilu 2024.

"Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Koordinator Pam Kantor Bawaslu OKU IPTU Andrianto beserta anggotanya," kata Kapolres OKU AKBP Imam Zamroni di Baturaja, Selasa.

Dia menjelaskan pengecekan yang dilaksanakan oleh personel pengamanan (Pam) Operasi Mantab Brata Musi 2023-2024 tersebut meliputi pemeriksaan CCTV, ruangan, buku mutasi hingga perangkat handy talky (HT) yang digunakan oleh personel yang melaksanakan piket di Kantor Bawaslu OKU.

Selain itu, kata dia, personel Polres OKU juga melakukan patroli secara rutin di sekitar Kantor Bawaslu OKU untuk mencegah terjadinya hal yang tidak diinginkan dalam menjelang pemilu tahun ini.

Menurut dia, hal itu dilakukan untuk memastikan situasi keamanan di Kantor Bawaslu OKU tetap aman dan kondusif dari gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas).

"Kami ingin memastikan bahwa Kantor Bawaslu OKU aman dan tidak ada gangguan keamanan yang terjadi," ujarnya.

Kapolres menambahkan bahwa pihaknya akan terus melakukan pemantauan secara rutin di sekitar Kantor Bawaslu OKU untuk memastikan keamanan dan ketertiban di wilayah tersebut menjelang hingga pelaksanaan pemilu nanti.

Dalam pengamanan itu, kata dia, pihaknya menyiagakan personel di Kantor Bawaslu OKU sebagai wujud komitmen pihak kepolisian dalam menjaga kelancaran proses pemilihan umum dan keamanan seluruh pihak yang terlibat.

"Kami berkomitmen untuk memastikan pelaksanaan tahapan pemilu di wilayah Kabupaten OKU berlangsung aman dan tertib," katanya.


Selain pengamanan area kantor, kata dia, beberapa personel pun disiagakan di gudang logistik milik KPU OKU yang terletak di Kelurahan Kemelak, Kecamatan Baturaja Timur.

Pengamanan gudang ini juga menjadi salah satu prioritas Polri guna memastikan seluruh logistik untuk kebutuhan pelaksanaan pemilu di wilayah itu dalam kondisi baik hingga proses pemilu berlangsung nanti.

"Pengamanan gudang ini juga penting dilakukan untuk memastikan keamanan dan integritas logistik menjelang ataupun saat dilaksanakan dan sesudah pemilu nanti," tegasnya.