Gerkatin Sumsel ajak masyarakat belajar bahasa isyarat

id sumsel,bahasa isyarat,belajar bahasa isyarat,gerkatin sumsel

Gerkatin Sumsel  ajak masyarakat belajar bahasa isyarat

Pembelajaran bahasa isyarat gratis yang diselenggarakan oleh Gerakan untuk Kesejahteraan Tunarungu Indonesia Provinsi Sumatera Selatan (Gerkatin Sumsel), di Palembang, Minggu (14/1/2024). (ANTARA/Ahmad Rafli Baiduri)

Palembang (ANTARA) - Gerakan Untuk Kesejahteraan Tunarungu Indonesia Provinsi Sumatera Selatan (Gerkatin Sumsel) memberikan pembelajaran bahasa isyarat gratis untuk masyarakat umum dalam memperingati Hari Tuli Nasional pada 11 Januari 2024.

Relawan Gerkatin Sumsel Ade Kurnia saat diwawancarai di Palembang, Minggu, mengatakan kegiatan tersebut diselenggarakan untuk memperingati Hari Tuli Nasional Tahun 2024, dengan tujuan agar masyarakat semakin tertarik untuk mempelajari bahasa isyarat.

"Sehingga ke depannya akan semakin banyak masyarakat yang bisa menjadi pendamping teman tuli untuk berkomunikasi," katanya.

Ia mengatakan, pihaknya menargetkan sebanyak 100 hingga 1.000 masyarakat umum untuk mempelajari bahasa isyarat.

"Seperti yang dilihat antusias masyarakat untuk mengikuti pembelajaran bahasa isyarat ini cukup tinggi dan juga menyambut baik kegiatan ini," ujarnya.

Ia menjelaskan dalam pembelajaran bahasa isyarat itu masyarakat dikenalkan cara memperagakan huruf abjad, angka, dan perkenalan diri secara singkat menggunakan bahasa isyarat.

"Dalam mengajarkan bahasa isyarat kepada masyarakat umum ini tidak ada kesulitan, namun hanya saja kami kekurangan tenaga pengajar karena yang datang mengajar pada hari ini sebanyak lima orang, sedangkan peserta cukup banyak," jelas Ade.

Salah satu masyarakat yang belajar bahasa isyarat, Ilyas mengatakan dirinya tertarik untuk mempelajari bahasa isyarat agar lebih dapat memahami teman-teman tunarungu.

"Masyarakat harus lebih menyadari dan juga untuk bisa memahami para teman-teman tunarungu. Maka dari itu, kita juga harus belajar juga mengerti mereka, salah satunya adalah dengan cara belajar bahasa isyarat," kata dia.