Oprimalkan pengamanan, Polda Sumsel pasang CCTV di Kantor KPU dan Bawaslu OKU

id Kamera CCTV, kamera pengawas, Pemilu 2024, Polres OKU, Polda Sumsel

Oprimalkan pengamanan, Polda Sumsel pasang CCTV di Kantor KPU dan Bawaslu OKU

Pemasangan CCTV di Kantor KPU OKU, Jumat. (ANTARA/Edo Purmana/23)

Baturaja (ANTARA) - Kepolisian Daerah Sumatera Selatan memasang perangkat kamera pengawas (closed circuit television/CCTV) di Kantor Sekretariat Komisi Pemilihan Umum dan Bawaslu Kabupaten Ogan Komering Ulu dalam rangka pengamanan menghadapi Pemilu 2024.

Kasi Humas Kepolisian Resor Ogan Komering Ulu (OKU) Inspektur Polisi Satu Ibnu Holdon di Baturaja, Jumat, mengatakan pemasangan perangkat kamera pengawas oleh tim Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi Polda Sumsel itu sebagai langkah antisipasi teror pada objek vital.

Pemasangan CCTV ini sudah melalui koordinasi dengan KPU dan Bawaslu OKU yang mempertimbangkan faktor keamanan.

"CCTV yang dipasang masing-masing satu unit di Kantor KPU dan Bawaslu Kabupaten OKU," katanya.

Dia menjelaskan perangkat kamera pengawas tersebut dipasang menghadap ke akses jalan keluar masuk dan seputaran kantor KPU dan Bawaslu.

Hanya saja, perangkat kamera tersebut belum terkoneksi ke jaringan internet karena masih menunggu pemasangan oleh pihak Telkom dalam waktu 1-2 hari.

"Setelah aktif, CCTV tersebut akan terhubung dengan monitor Polres OKU dan Polda Sumsel," kata Holdon.

Sementara, Tim BID TIK Polda Sumsel Bripda Berrynaldi Hamim menjelaskan pemasangan CCTV dalam upaya menjamin keamanan kantor penyelenggara pemilu dari gangguan teror maupun kamtibmas.

Ia berharap kamera pengawas yang terpasang akan memberikan dukungan yang efektif bagi pihak kepolisian dalam melaksanakan tugas pengamanan Pemilu 2024.

"CCTV ini diharapkan dapat membantu menjaga keamanan dan ketertiban di sekitar kantor KPU dan Bawaslu OKU, terutama menjelang dan selama pelaksanaan Pemilu 2024 berlangsung," harapnya.