Pakar menilai live TikTok cara capres genjot partisipasi pemilih muda

id Pemilu 2024,pakar komunikasi politik,live tiktok,pemilih muda,anies live tiktok,mahfud live tiktok,berita palembang, berita sumsel

Pakar menilai live TikTok cara capres genjot partisipasi pemilih muda

Pakar komunikasi politik dari Universitas Padjadjaran Kunto Adi Wibowo. ANTARA/Dokumentasi Pribadi

Jakarta (ANTARA) - Pakar komunikasi politik dari Universitas Padjadjaran Kunto Adi Wibowo menilai aksi live streaming di TikTok oleh pasangan calon presiden/wakil presiden menjadi cara untuk menggenjot partisipasi pemilih muda.

Dalam kegiatan live streaming tersebut, kata dia, ada interaksi antara warganet dan pasangan calon (paslon) sehingga akan memberi edukasi politik dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan anak muda di platform tersebut.

"Karena platformnya di TikTok, anak-anak muda banyak mengonsumsi informasi lewat media sosial ini. Jadi, kita sebut aja Pemilu TikTok," kata Kunto saat dihubungi dari Jakarta, Selasa.

Kunto mengatakan bahwa paslon perlu mendorong pengetahuan anak muda tentang politik jika mau meraup suara anak muda. Maka, mereka mau tidak mau harus bersentuhan dengan media sosial itu.

Namun, bukan hanya mediumnya saja, menurut dia, peserta Pilpres 2024 juga perlu menyoroti target komunitas yang tepat jika ingin beraksi di media sosial.

Ia menilai komunitas yang tepat bisa membantu menaikkan elektabilitas paslon tersebut.