Polres OKU sita ribuan petasan

id Pedagangpetasan, malam tahun baru, barang bukti, Polres OKU

Polres OKU sita ribuan petasan

Polres OKU menggelar razia petasan, Minggu (31/12). ANTARA/Edo Purmana/23.

Baturaja (ANTARA) - Kepolisian Resor Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatra Selatan menyita ribuan petasan berbagai jenis dari sejumlah pedagang di wilayah itu dalam razia Cipta Kondisi 2023.

"Ada ribuan petasan yang kami sita hasil razia yang digelar pada Minggu (31/12) atau menjelang pergantian tahun 2024," kata Kabag OPS Polres OKU Kompol Liswan Nurhapis di Baturaja, Senin.
Dalam razia tersebut pihaknya mengerahkan puluhan personel gabungan guna menyisir sejumlah lapak pedagang yang menjual petasan untuk merayakan malam tahun baru.

Adapun sasaran razia meliputi lapak pedagang di kawasan Pasar Atas Baturaja, Jalan HOS Cokroaminoto, Kelurahan Baturaja Lama, Jalan Akmal, Kelurahan Pasar Baru, dan seputaran Jalan Pahlawan Kemarung.

Dari hasil penyisiran tersebut pihaknya menyita barang bukti berupa petasan jenis mercon korek api sebanyak 1.660 pieces, petasan karapan sapi 1.200 pieces, dan petasan happy flower 816 pieces.

Ribuan petasan yang diamankan tersebut memiliki daya ledak tinggi sehingga dikhawatirkan berbahaya bagi masyarakat.

"Upaya yang dilakukan ini sebagai bentuk antisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan saat malam pergantian tahun," katanya.

Menurut pengakuan pedagang, kata dia, petasan tersebut dibeli dari agen di luar daerah baik secara langsung maupun online.

"Saat ini ribuan barang bukti petasan sudah kami amankan di Mapolres OKU guna diproses lebih lanjut," tegasnya.