OKI bagikan ribuan buku gratis guna tingkatkan minat baca

id sumsel,buku gratis,minat baca ,pemkab oki

OKI bagikan ribuan buku gratis guna tingkatkan minat baca

Pemeritah Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Sumatra Selatan bersama dengan Perpusatakaan Nasional (Perpusnas) RI membagikan ribuan buku gratis ke sejumlah komunitas literasi desa guna meningkatkan minat baca masyarakat di wilayah itu. (ANTARA/HO-Pemkab OKI)

Palembang (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Sumatera Selatan bersama dengan Perpustakaan Nasional (Perpusnas) RI membagikan ribuan buku gratis ke sejumlah komunitas literasi desa guna meningkatkan minat baca masyarakat di wilayah itu.

Plt Bupati OKI Djafar Shodiq dalam keterangan tertulis yang diterima di Palembang, Kamis, mengatakan peran komunitas literasi di desa sangat penting untuk membantu meningkatkan kualitas pembangunan terutama sebagai pusat kegiatan belajar yang akan mengantarkan masyarakat menjadi bangsa cerdas dan sejahtera.

"Mengajak masyarakat untuk belajar tidaklah mudah untuk era sekarang ini, karena mereka belum menganggap itu sebagai kebutuhan dan memang telah menjadi budaya bagi sebagian besar masyarakat kita. Maka dari itu, kita terus menggaungkan kalau membaca itu mudah, membaca itu menyenangkan," ujarnya.

Ia menjelaskan nantinya dalam komunitas itu disediakan ruang terbuka bagi masyarakat untuk membaca, berdiskusi, sekaligus meramu inovasi.

"Dari tidak mengerti jadi mengerti, dari tidak peduli jadi candu dengan literasi, itulah core value dari penyaluran ribuan buku dari Perpustakan Nasional ini," jelasnya.

Djafar mengimbau Ketua Komunitas Masyarakat Gading Raja, Kecamatan Pedamaran Timur dan Ketua Komunitas Masyarakat Sidomulyo, Kecamatan Sungai Menang dapat menjaga dan memanfaatkan bantuan buku sesuai dengan peruntukan yaitu layanan, juga sebagai sumber informasi bagi masyarakat.

"Jadi nanti bisa dikembangkan lagi koleksinya sesuai kebutuhan masyarakat setempat, guna menambah pengetahuan, wawasan kecerdasan dan dapat mengelola sumber daya di desa dengan penguatan literasi," kata dia.

Sementara itu, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten OKI Antonio Romadhon mengatakan jika literasi dan masyarakat adalah dua aspek penting untuk mengelola sumber daya bagi suatu kemajuan di desa.

"Keberadaan komunitas literasi ini jadi strategi yang tepat, dimana masyarakat dapat memanfaatkan layanan komunitas sebagai pusat informasi dan berkegiataan," ucapnya.

Selain itu, Antonio menambahkan penyaluran bantuan buku ini sekaligus merupakan wujud sinergi Pemkab OKI bersama Perpusnas RI untuk melakukan peningkatan kualitas SDM melalui pengembangan perpustakaan dan peningkatan kegemaran membaca.