62 kekayaan intelektual komunal Sumsel tervalidasi DJKI Kemenkumham

id Kekayaan intelektual komunal, kik kik Sumsel, tervalidasi, validasi, djki, kemenkumham,berita sumsel, berita palembang

62 kekayaan intelektual komunal Sumsel tervalidasi DJKI Kemenkumham

Kegiatan pendampingan inventarisasi kekayaan intelektual komunal di lingkungan Kanwil Kemenkumham Sumsel. (ANTARA/Yudi Abdullah/23)

Palembang (ANTARA) - Sebanyak 62 kekayaan intelektual komunal (KIK) di Sumatera Selatan hingga November 2023 tervalidasi di Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) RI.

"Hingga saat ini kekayaan intelektual komunal dari Sumsel yang telah tervalidasi di DJKI ada 62 buah terdiri atas 35 ekspresi budaya tradisional dan 27 pengetahuan tradisional," kata Kadiv Yankumham Kemenkumham Sumsel Ika Ahyani Kurniawati di Palembang, Jumat.

Menurut dia, melihat kekayaan intelektual komunal yang telah tervalidasi itu jumlahnya tergolong kecil dibandingkan dengan banyaknya keragaman budaya dan kekayaan alam provinsi dengan 17 kabupaten/kota itu.

Untuk meningkatkan jumlah kekayaan intelektual komunal tervalidasi, Tim Divisi Pelayanan Hukum dan HAM (Yankumham) Kemenkumham Sumsel terus melakukan pendampingan kepada masyarakat

Dengan adanya pendampingan, kata dia, diharapkan semua pihak dapat bersinergi dan berkolaborasi dalam menginventarisasi kekayaan intelektual komunal.

"Kami terus berupaya menggalakkan kegiatan pendampingan inventarisasi kekayaan intelektual komunal yang memiliki nilai ekonomi di Sumsel," ujar Ika.