Dinkes: Kabupaten OKU bebas penyakit frambusia

id Penyakit kulit,Frambusia, PHBS, Kementerian Kesehatan, Dinkes OKU

Dinkes: Kabupaten OKU bebas penyakit frambusia

Kepala Dinas Kesehatan OKU Dedi Wijaya. (ANTARA/Edo Purmana/23)

Baturaja (ANTARA) - Kepala Dinas Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatra Selatan Dedi Wijaya  menyatakan  berdasarkan penilaian Tim Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia, daerah tersebut bebas dari frambusia atau penyakit kulit.

"Hal itu terungkap setelah Tim Kemenkes RI bersama Dinas Kesehatan Provinsi Sumsel melakukan penilaian frambusia di Kabupaten OKU pada Selasa (14/11)," katanya di Baturaja, Kamis.

Dedi menyampaikan, bahwa tujuan kedatangan Tim Penilai Asesmen Eradikasi Frambusia di OKU, yaitu untuk mencapai target sertifikasi OKU sebagai kabupaten bebas frambusia pada tahun 2023.

Dia menjelaskan, frambusia adalah penyakit kulit yang disebabkan oleh buruknya Personal Hygiene, seperti jarang mandi, dan faktor sanitasi yang tidak memadai.

Penyakit ini bisa menular melalui kontak langsung dengan ruam pada kulit yang terinfeksi dan dapat masuk ke dalam tubuh seseorang melalui luka terbuka atau goresan di kulit.

Pada awalnya frambusia hanya akan menyerang kulit, namun seiring berjalannya waktu, penyakit ini juga dapat menyerang tulang dan sendi.