Wapres: Dunia tidak akan lebih baik hanya dengan mencetak cendekiawan

id Wapres,Ma'ruf Amin,Uninus,Bandung,Jawa Barat,cendekiawan Islam,syariah,berita sumsel, berita palembang

Wapres: Dunia tidak akan lebih baik hanya dengan mencetak cendekiawan

Wapres Ma’ruf Amin saat menyampaikan orasi ilmiah pada Sidang Terbuka Senat Universitas Islam Nusantara di Bandung, Jawa Barat, Kamis (16/11/2023). (ANTARA/HO-BPMI Setwapres)

Jakarta (ANTARA) - Wakil Presiden Ma’ruf Amin mengatakan dunia tidak akan menjadi lebih baik dengan hanya mencetak banyak cendekiawan, namun perlu generasi cerdas dan bermoral baik.

"Dunia tidak akan menjadi lebih baik hanya dengan mencetak lebih banyak cendekiawan. Dunia butuh generasi yang cerdas sekaligus bermoral yang baik," kata Ma'ruf Amin saat menyampaikan orasi ilmiah pada Sidang Terbuka Senat Universitas Islam Nusantara (Uninus) dalam rangka wisuda doktor, magister, dan sarjana ke-67 di Kota Bandung, Jawa Barat, Kamis.

Ma'ruf Amin berpesan kepada seluruh civitas academica di Kampus Uninus untuk menjadikan nilai-nilai Islami yang diserap di kampus tersebut sebagai fondasi utama dalam pengembangan diri, demikian menurut keterangan yang diterima di Jakarta, Kamis.

Pada kesempatan itu, Ma'ruf Amin menyampaikan peran institusi perguruan tinggi di tengah masyarakat global terus mengalami perubahan seiring berjalannya waktu.

Perguruan tinggi, yang semula menjadi tempat para akademisi menyemai dan menebarkan ilmu pengetahuan, terus berkembang menjadi rumah bagi tumbuhnya peneliti.

Menurut Ma'ruf, banyak perguruan tinggi dunia menjadi tempat lahirnya penemuan dan inovasi penting di berbagai bidang ilmu, yang mampu mengubah wajah peradaban.

"Kini, dengan kian pesatnya kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, berbagai literatur mencatat bahwa transformasi peran maupun strategi perguruan tinggi adalah keniscayaan. Perguruan tinggi tidak hanya menjadi tempat mengasah ilmu pengetahuan, tetapi juga institusi kunci yang berperan konkret di dalam membangun akhlak, budaya, dan kesejahteraan masyarakat," jelasnya.